Sukses

Batuk ketika mengorek telinga

19 Oct 2014, 18:12 WIB
Wanita, 27 tahun.
setiap kali setelah selesai -> korek kuping pakai cutton bud.., saya selalu batuk. kenapa bisa? apa penyebabnya? mohon bantuan untuk jawabannya terima kasih' ( perempuan, 27 thn,165 cm,80 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan. Untuk menjaga fungsinya, telinga harus dijaga kebersihannya. Banyak orang salah kaprah mengartikan 'membersihkan telinga' dengan artian menggunakan cotton bud untuk mengeluarkan kotoran. Mengorek telinga dengan cotton bud sendiri sebenarnya dapat mendorong getah telinga semakin dalam dan dapat menyebabkan penyumbatan.

Batuk-batuk ketika mengorek telinga menggunakan cotton bud disebabkan karena adanya refleks saraf pagus yang terdapat di dinding telinga. Saraf pagus ini membentang sampai ke tenggorokan, dada, dan perut. Karena perangsangan itulah maka batuk dapat terjadi. Batuk hanyalah refleks yang ringan, yang berbahaya sampai bisa mengakibatkan kolaps.

Membersihkan telinga cukup dengan membersihkan cuping dan muara telinga. Kotoran telinga sendiri akan menguap atau keluar ketika kita mandi atau menguap. Kami tidak menyarankan Anda menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar