Sukses

Mimisan dalam kehamilan

15 Jul 2009, 10:14 WIB
Wanita, 22 tahun.
pagi dok dok saya sedang hamil 16 minggu. akhir" ini saya suka mimisan hampir setiap hari,namun darah yg keluar selalu tersumbat dan masuk ke tenggorokan. apakah berbahaya dok dan bagaimana cara mengatasinya? trims dok( perempuan, 22 thn,155 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Mimisan atau dikenal dengan epistaksis di dalam dunia medis merupakan perdarahan dari hidung akibat dari pecahnya pembuluh darah di hidung. MImisan di dalam kehamilan sering terjadi dikarenakan perubahan hormonal di dalam tubuh. Peningkatan hormon estrogen menyebabkan vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah dan meningkatkan kerentanan pecahnya pembuluh darah (dalam kasus ini di hidung) akibat dari trauma minor (contoh : mengorek hidung).

Selama mimisan  tidak terlalu banyak, dapat berhenti sendiri, dan di dalam pemeriksaan dokter Anda tidak mengalami anemia atau kekurangan darah maka hal tersebut bukanlah masalah serius. Apabila tidak keluar dan masuk ke kerongkongan pun tidak masalah karena akan masuk ke lambung.

Namun apabila epistaksis tersebut tidak juga berhenti atau sangat banyak sampai Anda merasa lemas, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar