Sukses

Perjalanan jauh dalam kehamilan

15 Jul 2009, 10:22 WIB
Wanita, 27 tahun.
Siang Dok, saat ini usia kehamilan saya sudah mencapai 18 minggu. Dan rencananya libur panjang nanti saya akan melakukan perjalanan jauh ke luar kota yang menempuh kurang lebih 12 jam perjalanan menggunakan mobil. Yang ingin saya tanyakan, apakah perjalanan tersebut cukup aman Dok untuk kandungan saya, mengingat saya akan duduk dalam jangka waktu yang lama & frekuensi buang air kecil saya yang cukup sering ?. Lalu pertanyaan kedua, apakah penggunaan kosmetik aman untuk ibu hamil Dok ?. Kosmetik yang mengandung bahan apakah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil demi keamanan janin Dok ?. Atas perhatian & jawabannya saya ucapkan terima kasih banyak...( perempuan, 27 thn,170 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perjalanan jauh akan cukup melelahkan bagi ibu hamil. Yang diperlukan adalah istirahat yang cukup sering di dalam perjalanan untuk melemaskan kaki. Posisi duduk terus menerus dapat meningkatkan kejadian trombosis vena dalam atau penyumbatan pembuluh darah vena di kaki pada ibu hamil.

Aoabila kondisi kandungan Anda sehat dan Anda sendiri pun berada di dalam kondisi sehat, perjalanan jauh dapat dilakukan dengan syarat banyak beristirahat di dalam perjalanan. Setelah 2-3 jam perjalanan, berhentilah 10-15 menit untuk melemaskan kaki dan berjalanlah. Berjalan akan meningkatkan sirkulasi darah di kaki. Apabila Anda menggunakan kendaraan umum (bis besar atau kereta), Anda dapat berjalan di lorong kendaraan untuk melancarkan aliran darah di kaki. Kemudian tentu saja jangan menahan berkemih. Menahan berkemih dapat meningkatkan kejadian infeksi saluran kemih yang dapat berbahaya bagi janin.

Kami menyarankan agar Anda mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter kebidanan Anda sebelum melakukan perjalanan jauh untuk evaluasi kondisi Anda dan janin.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar