Sukses

Gigi berlubang dan bau

15 Jul 2009, 16:33 WIB
Wanita, 33 tahun.
pagi dokter, saya punya masalah dengan gigi. gigi geraham saya pernah di tambal lubangnya dan sekarang yang jadi masalah gigi bagian atas kanan dan kiri juga berlubang setiap sikat gigi tercium bau yang tidak enak. saya sering menggunakan obat kumur jika saya merasakan sakit gigi apakah itu dibenarkan atau tidak? terima kasih atas saran dokter sebelumnya. ( perempuan, 33 thn,160 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bau tidak enak itu mungkin berasal dari sisa makanan yang terjebak dan sulit dibersihkan sehingga sisa makanan tersebut membusuk, dan pembusukan itu menghasilkan gas senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap. Kemungkinan posisi/hubungan gigi atas dengan gigi bawah tidak baik, sehingga tonjol gigi lawan mendesak makanan masuk ke sela-sela gigi atas dan tidak dapat keluar dengan sendirinya kecuali dengan penyikatan dibantu dengan pemakaian dental floss. Bila kondisi tersebut terus menerus terjadi, lama kelamaan gigi di daerah makanan yang sering terselip itu akan berlubang, karena sisa makanan yang terjebak merupakan makanan bagi bakteri dan memudahkan bakteri berkoloni.

Penggunaan obat kumur tidak akan menyelesaikan masalah, selama gigi tersebut belum ditambal. Mungkin akan membantu menekan pertumbuhan bakteri, namun karies gigi akan terus berlanjut, dan lama kelamaan lubang gigi tersebut semakin besar dan dalam. Jadi saran saya, segera berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi Anda, karena tanpa pemeriksaan secara langsung cukup sulit untuk memastikan apa sebenarnya yang sedang terjadi pada gigi Anda, dan yang dapat Saya kemukakan hanya berdasarkan dugaan. Bila tambalan lama pada gigi Anda sudah dalam kondisi yang tidak baik maka harus segera diperbaiki, dan gigi yang berlubang segera ditambal.

Demikian yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih telah menggunakan fitur konsultasi Klikdokter.com

Drg. Martha Mozartha,

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar