Sukses

Takut cabut geraham bungsu

19 Oct 2014, 23:31 WIB
Pria, 28 tahun.
Dear Dokter..... Saya mengalami masalah pada gigi saya. Beberapa waktu lalu saya sampaikan bahwa terdapat gigi bungsu yang tumbuh miring di bgian bawah sebelah kanan dan kiri mulut saya. akibatnya gigi di depannya menjadi berlubang (Hanya bagian kanan). Beberapa waktu yang lalu muncul rasa ngilu pada bagian gigi berlubang tsb bahkan saya merasakan denyutan di bagian bawah gigi tsb. Namun beberapa hari kemudian sudah tidak terasa lagi. Namun permasalahannya muncul manakala rasa sakit itu justru terasa di salah satu gigi belakang gigi taring (masih d sisi mulut yang sama) namun rasa nyeri itu saya rasakan lebih menjurus kepada rasa gatal. Dan itu saya rasakan hampir 3 hari ini. O iya, saya masih maju mundur menjalani odontektomi, seperti umumnya orang saya termsk penakut utk urusan dokter gigi. Kemarin saya beranikan utk mendaftar operasi tetapi semangat saya surut ketika dokter gigi yang saya datangi menyarankan utk mencabut 5 gigi saya (Selain 2 gigi graham bungsu, satu gigi graham yang telah berlubang karena periodontitis dan 2 gigi graham atas karena kata dokternya khawatir manakala setelah graham bungsu diangkat nanti tidak ada lawan utk graham atas shg akan membuat luka pada gusi bekas tempat gigi graham bungsu yang dicabut tersebut. Mohon pandangan dan saran dokter. Atas masukannya saya haturkan banyak terima kasih.( laki-laki, 28 thn,183 cm,102 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk/Sdr. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya sangat memahami kekhawatiran dan kegalauan hati Anda. Satu hal yang dapat Saya tekankan, sugesti negatif yang Anda rasakan harus Anda taklukkan terlebih dahulu karena selama kecemasan itu masih ada maka saran, nasihat, anjuran atau apapun bentuknya itu tidak akan terlalu membantu Anda untuk membulatkan tekad untuk mendapatkan perawatan. Perlu Anda ketahui, rasa sakit saat pencabutan/odontektomi sebetulnya belum tentu separah yang Anda bayangkan. Saya dapat berkata demikian karena Saya sendiri sudah mengalaminya, keempat  gigi molar 3 saya impaksi dan tidak tumbuh dengan normal (tidak beda jauh dengan yang Anda alami) bahkan molar 3 kiri saya posisinya jauh terbenam di dalam tulang dan baru-baru ini dioperasi.

Tentu akan ada ketidaknyamanan yang akan Anda rasakan setelah operasi namun hal tersebut adalah hal yang wajar dan normal terjadi, dan bahkan dapat diminimalisir asalkan Anda disiplin dalam mengikuti petunjuk dan instruksi dokter gigi Anda paska operasi. Bila hal tersebut sudah diantisipasi, (maksudnya Anda sudah tahu apa yang akan Anda hadapi saat dan setelah operasi), maka besar kemungkinan ketakutan dan kecemasan Anda dapat berkurang.
Artikel mengenai gigi molar tiga (yang sering disebut sebagai gigi geraham bungsu) sudah pernah dimuat di website Kami, Anda dapat membaca selengkapnya dengan mengklik https://www.klikdokter.com/illness/detail/19. Perlu dicamkan bahwa pencabutan gigi adalah langkah terakhir setelah alternatif perawatan lain sudah tidak mungkin lagi untuk dilakukan. Saya sarankan ada baiknya Anda berkonsultasi lagi secara langsung dengan dokter gigi lain (sebaiknya drg. spesialis bedah mulut) untuk mendapatkan second opinion mengenai pencabutan gigi geraham yang periodontitis. Mengenai gigi atas, Saya kurang setuju bila gigi tersebut dicabut juga apalagi kalau sebetulnya kondisi gigi tersebut masih utuh dan sehat. Turunnya gigi atas tersebut tidak akan terjadi seketika, melainkan dalam waktu jangka yang panjang. Harus dicari alternatif lain untuk mencegah gigi tersebut ekstrusi (turun ke bawah karena gigi geraham lawannya sudah dicabut), misalnya dengan pembuatan gigi tiruan. Itu juga dibuat dengan pertimbangan yang matang, disesuaikan dengan indikasi. Bagaimanapun, gigi Anda tidak mungkin dicabut sekaligus semuanya, apalagi bila gigi tersebut terletak pada sisi yang berbeda, karena luka bekas pencabutan memerlukan waktu untuk pulih dan kembali nyaman untuk berfungsi mengunya makanan. Bila sekaligus dicabut, tentu pasien akan sangat merasa tidak nyaman.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar