Sukses

Bubur susu untuk usia 4 bulan?

20 Oct 2014, 00:47 WIB
Wanita, 27 tahun.
selamat siang dok....saya mempunyai bayi dgn usia 4 bln....saya hanya memberi ASI sampai dgn usia 2 bln dikarenakan asi saya kurang kemudian dilanjutkan sufor en pisang....pisang diberikan oleh neneknya....meski sudah mkn pisang tp tetap saja tidak kenyang...belakangan ini malah setiap habis makan pisang stgh jam kemudian lanjut minta susu..... tgl 13 ini genap usianya 4 bln....saya ingin memberhentikan makan pisanganya dan melanjutkan makanannya dgn bubur susu...tapi setelah saya liat2 semua bubur susu utk bayi umur 6+...boleh tidak saya ttp meberikan bubur susu utk bayi saya???(perempuan, 27 thn,168 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

World Health Organization (WHO) menganjurkan setiap ibu untuk memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. Sayangnya,dalam keterbatasan tertentu sejumlah ibu mau tidak mau harus menggantikan pemberian ASI ini dengan susu formula, seperti yang terjadi pada ibu. Pemberian ASI saja sebenarnya sudah cukup memenuhi kebutuhan bayi dalam 6 bulan pertama karena kandungan nutrisinya yang lengkap, sehingga susu formula yang dipilih untuk menggantikannya harus disesuaikan dengan baik, agar anak Anda tidak kekurangan nutrisi yang diperlukannya untuk tumbuh dan berkembang.

Adapun pemberian makanan pendamping ASI seperti buah-buahan dan makanan cair/lunak baru diberikan pada anak berusia 6 bulan ke atas secara bertahap. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan sistem pencernaan anak yang masih belum sempurna, sehingga pemberian makanan lunak hingga padat sebelum waktunya ditakutkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada anak Anda. 

Anda tidak perlu merasa heran apabila anak Anda terus saja merasa lapar, karena jadwal makan bayi (usia < 1 tahun) umumnya memang diberikan setiap 2-3 jam. Dan mengingat saat ini anak Anda sudah tidak mendapatkan ASI, maka pemenuhan kebutuhan nutrisinya harus disesuaikan dengan baik. 

Untuk sementara ini sebaiknya Anda tidak memberikan anak Anda bubur susu terlebih dahulu, cukup  dengan susu formula yang diberikan setiap 2-3 jam atau setiap anak Anda memintanya., juga boleh ditambah dengan jus buah tanpa ampas. Sedangkan bubur susu baru diberikan setelah anak Anda genap berusia 6 bulan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal makan anak dapat Anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

Jadwal Makan Bayi

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat membantu. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar