Sukses

Lebih senang berjalan dipapah

14 Jul 2009, 12:10 WIB
Wanita, 1 tahun.
Dear dokter yang baik, Anak saya sudah berumur 14 bulan, tapi dia belum bisa merangkak dan duduk dengan sendirinya. Tetapi maunya jalan sambil dipegangi tangannya dok. Yang ingin saya tanyakan apakah hal ini normal? sedangkan teman seumurnya sudah bisa jalan. Bagaimanakah saya mengatasi hal ini dok, takutnya nanti dia malas gak mau belajar untuk merangkak, duduk, atau berjalan sendiri. Terimakasih atas perhatian dan penjelasannya. Salam,(perempuan, 1 thn,70 cm,10 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Pada usia 14 bulan, anak pada umumnya sudah dapat berdiri sendiri tanpa berpegangan dan berjalan mundur sebanyak 5 langkah. Dari cerita Anda, tampaknya anak Anda lebih menyukai berjalan dipapah dibandingkan duduk ataupun merangkak. Tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir. Perkembangannya masih dapat dikejar dengan melakukan stimulasi yang baik dan rutin. Di sinilah diperlukan peran orangtua atau orang-orang terdekat anak Anda sebagai pemberi stimulasi untuk merangsang perkembangan sang anak, karena setiap anak sebenarnya perlu mendapat stimulasi rutin sedini mungkin setiap ada kesempatan.

Stimulasi yang dapat Anda lakukan saat ini yaitu:

  1. bantu anak Anda agar bisa duduk sendiri. Awalnya anak didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh ke belakang. Ketika anak dalam posisi duduk, beri mainan kecil  di tangannya. Jika anak belum bisa duduk tegak, peganglah badannya. Jika anak bisa duduk tegak, dudukkan ia di lantai beralaskan selimut tanpa sandaran.
  2. letakkan sebuah mainan yang anak Anda sukai di luar jangkauannya. Usahakan agar ia mau merangkak ke arah mainan tersebut dengan menggunakan kedua tangan dan lututnya.
  3. dudukkan anak Anda di atas tempat tidur, kemudian tarik ke posisi berdiri. Selanjutnya lakukan hal tersebut di atas meja, kursi, atau tempat lain.
  4. letakkan mainan yang disukai beberapa sentimeter di hadapannya. Buatlah ia ingin berpegangan pada ranjang atau perabot rumah untuk mencapai mainan tersebut.
  5. Anda dapat melakukan stimulasi dengan membuat permainan seperti meminta anak Anda berjalan ke pelukan Anda untuk mendapatkan dekapan atau mainan yang disukainya. Berilah ia pujian atas setiap usaha dan keberhasilannya, agar anak Anda dapat terus merasa percaya diri dan bersemangat menerima stimulasi yang Anda berikan.

    0 Komentar

    Belum ada komentar