Sukses

Gigi anak rusak semua

21 Jul 2009, 16:27 WIB
Wanita, 28 tahun.
selamat siang. anak saya usia 5 tahun (laki) mempunyai masalah pada gigi. semua giginya busuk. mohon bantuan dokter solusi yang harus kami lakukan untuk mengatasi masalah gigi anak saya.( perempuan, 28 thn,165 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebagian besar kasus gigi anak yang mengalami kerusakan secara menyeluruh disebabkan karena kebiasaan minum susu dan minuman manis menggunakan botol yang terlalu lama, apalagi sebagai pengantar tidur. Penggunaan botol ini malah terkadang lebih seperti dot yang digunakan setiap saat, bukan hanya sebagai cara memberi makan pada anak. Sisa susu yang disedot si anak menggenangi permukaan gigi dalam waktu yang lama yaitu selama anak tidur, sehingga mengalami fermentasi dan menghasilkan asam yang akan melarutkan jaringan gigi sehingga mahkota gigi lama kelamaan rusak dan hancur. Terkadang malah tidak ada jaringan mahkota yang tersisa sama sekali, tinggal sisa akarnya saja. Kondisi gigi anak yang mengalami karies secara menyeluruh disebut rampan karies, dimana gigi-gigi yang tidak terlalu rentan mengalami karies pun terkena, seperti gigi depan bawah. Rampan karies dikenal juga sebagai Baby Bottle Caries.

Selain dari susu botol, rusaknya gigi anak Anda juga dapat disebabkan karena adanya proses peletakan mineral saat pembentukan gigi mengalami gangguan. Hal ini dapat terjadi saat sedang dalam masa kehamilan, yang dapat disebabkan karena kurangnya asupan mineral-mineral yang dibutuhan untuk pembentukan gigi dengan sempurna.

Perawatannya bergantung pada berat-ringannya kasus anak Anda, tentunya dapat dipastikan setelah pemeriksaan lengkap yang lebih baik lagi jika dilakukan oleh dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA). Gigi yang tidak dapat dipertahankan harus dicabut, yang masih bisa dipertahankan dirawat saluran akar, kemudian direstorasi. Yang perlu diketahui bagi ibu yang memiliki anak batita/balita adalah gigi sulung adalah panduan bagi erupsi/tumbuhnya gigi tetap. Bila gigi sulung tanggal secara prematur sebelum waktunya, gigi tetap akan tumbuh tanpa panduan. Itulah mengapa banyak gigi yang tumbuh dalam posisi tidak normal. Saya menyarankan anak Anda untuk dirawat oleh dokter gigi spesialis gigi anak, yang lebih mendalami manajemen anak yang sangat penting bagi keberhasilan perawatan gigi pada anak-anak.

Perlu Saya ingatkan, bila Ibu masih berencana untuk memiliki anak, hal serupa dapat dihindari dan dicegah sejak dini. Yang terpenting adalah hindari kebiasaan memberi susu dan minuman manis dengan botol terutama sebelum tidur. Pilih menu makanan anak dengan kandungan gula yang rendah. Hindari makanan atau minuman yang lengket dan mudah menempel pada mulut, dan yang tak kalah pentingnya adalah kecukupan gizi Ibu saat hamil.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar