Sukses

Kista pada akar gigi

20 Oct 2014, 08:26 WIB
Pria, 38 tahun.
Mau nanya dok, gigi taring depan saya dan sebelahnya udah patah dan saya biarkan akarnya tanpa dicabut beberapa tahun,sekarang timbul kista diantara akarnya..utk pengangkatan kista tersebut apakah harus dioperasi atau cukup dicabut akar gigi yang udh patah dan dikorek kistanya dan dibersihin.apakah dengan cara terakhir aman dan kistanya tidak bakal tumbuh lagi?. saya sudah ke dokter gigi,trs ada dokter bilang cukup dicabut aja dan ada yang bilang harus operasi dgn biaya yang mahal...ampun dah sekitar 1,5-2,5jt mohon petunjuk ya dok soalnya saya bingung dan stress harus dioperasi atau cukup dicabut akarnya aja. sebenarnya kista di gigi itu bahaya ga?.bisa menjadi kanker ga dok? Thanks ya dok atas bantuannya....( laki-laki, 38 thn,169 cm,82 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk/Sdr yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Gigi yang mengalami karies dan infeksinya menjalar ke ujung akar tanpa dirawat dalam jangka waktu yang cukup lama memang dapat menjadi kista, yaitu kista radikular. Namun kista ini tidak timbul seketika, sebelum terjadinya kista biasanya didahului dengan pembentukan abses yang berisi pus (nanah) lalu menjadi granuloma yang merupakan respon jaringan terhadap infeksi. Tidak semua abses menjadi granuloma dan berlanjut menjadi kista, bergantung juga pada daya tahan tubuh dan virulensi bakteri.

Membedakan granuloma dengan kista cukup sulit, apalagi bila tidak ditunjang dengan pemeriksaan radiografis (foto rontgen). Dari foto rontgen pun terkadang sulit dipastikan apakah gambaran yang terlihat adalah granuloma atau kista. Selain rontgen, untuk membantu penegakan diagnosa perlu dilakukan pemeriksaan cairan, atau pemeriksaan histopatologi. Apakah sudah betul-betul dipastikan bahwa lesi tersebut adalah kista?Apakah sudah sampai terbentuk benjolan pada gusi Anda?Bila ya, seberapa besar benjolan tersebut?

Kista radikular pada umumnya tidak berukuran besar, diameternya berkisar antara 1-2 cm. Jadi tidak semua kista berukuran besar hingga menyebabkan benjolan pada gusi. Bila ukuran kista masih relatif kecil, dan jaringan mahkota gigi yang tersisa masih banyak, maka sebetulnya gigi tersebut masih bisa dipertahankan dengan merawat syaraf gigi tersebut (perawatan saluran akar/endodontic therapy). Pada kasus di mana gigi yang tersisa tinggal akar dan kista masih  berukuran kecil, perawatannya cukup dengan pencabutan gigi yang bersangkutan dan kuretasi tulang di sekitarnya untuk mengangkat kista. Namun bila ternyata ukurannya cukup besar hingga menyebabkan terjadinya benjolan maka dokter gigi harus melakukan tindakan yang disebut enukleasi untuk mengangkat kista.

Meski potensinya relatif kecil, namun tetap ada kemungkinan kista dapat menjadi karsinoma bila dibiarkan tidak dirawat. Bila Anda masih ragu, Anda berhak datang ke dokter gigi lain (dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis bedah mulut) untuk diperiksa secara langsung untuk mendapatkan  second opinion, agar dapat ditentukan rencana perawatan yang terbaik bagi Anda. Mengenai biaya tidak dapat Saya pastikan karena biaya perawatan yang ditetapkan oleh tiap-tiap dokter gigi dapat bervariasi.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih telah menggunakan fitur konsultasi Klikdokter.com

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar