Sukses

Obat hormonal menyebabkan kista? (2)

11 Jul 2009, 00:30 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok... saya diberi klomifen selama 6 bln berturut2 (dengan merk paten yg berbeda) maksud dari pertanyaan saya, apakah aman, bila saya diberikan 6 bln terus menerus..???saya takut timbul kista..berapakah lama maksimal perberian klomifen..?? bln ini saya haid tgl.9 july'09 (siklus teratus tiap bln), kemudian saya diberi progynova, kata dr. utk memperbanyak lendir serfik...apakah bisa dok..???? setau saya progynova adalah pil KB, apakah tdk apa2 utk saya yg sedang prog.hamil....( perempuan, 26 thn,150 cm,5 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas konfirmasinya. Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini.

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya. Estradiol valerat umumnya diberikan pada perempuan menopause sebagai terapi pengganti hormon untuk mengatasi berbagai keluhan yang dapat ditimbulkan akibat penurunan kadar estrogen, termasuk dapat memperbanyak lendir serviks untuk mengatasi masalah kekeringan pada vagina. Namun obat ini lebih baik digunakan dalam jangka waktu sependek mungkin dengan dosis terapeutik seminimal mungkin untuk meminimalisir efek samping yang dapat ditimbulkan. Adapun obat ini hanya mengandung estrogen, berbeda dengan pil KB yang mengandung hormon progesteron saja atau hormon progesteron dan estrogen. Obat ini memang sebaiknya tidak digunakan apabila Anda sedang merencanakan kehamilan, namun akan lebih baik apabila Anda mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda kembali. Tentunya keputusan tersebut telah diambil oleh dokter Anda setelah melalui pertimbangan yang matang. 

Dan mengenai penggunaan klomifen sitrat, Anda tidak perlu merasa khawatir. Pengobatan ini dapat diberikan maksimal selama 6 bulan untuk kemudian dievaluasi atau dilanjutkan dengan pengobatan lain. Yang terbaik adalah komunikasi antara Anda dan dokter Anda. Diskusikanlah setiap kekhawatiran dan keluhan Anda dengan dokter yang merawat agar dapat dicapai solusi yang terbaik untuk Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat membantu. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar