Sukses

Obat hormonal menyebabkan kista?

10 Jul 2009, 15:06 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok... berapa kali maksimal penggunaan klomifen sitrat (provertil,dkk)..??? karna yg saya dengar, bila dipakai dalam jangka panjang, dpt menimbulkan kista.... apakah progynova (estradiol valerat), dalam dosis rendah dapat membantu memperbanyak lendir servik..???? ( perempuan, 26 thn,150 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Klomifen sitrat adalah obat yang diberikan pada perempuan yang memiliki gangguan pada pembentukan sel telur untuk menstimulasi perkembangan sel telur dalam ovarium dan memicu ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium). Penggunaan klomifen sitrat secara berlebihan dapat menyebabkan pelepasan sel telur multipel, peningkatan berat badan, dan peningkatan risiko pembentukan kista/kanker ovarium.

Sedangkan estradiol valerat merupakan bahan pembentuk estrogen. Obat ini umumnya diberikan pada perempuan menopause sebagai pengganti hormon estrogen untuk mengurangi keluhan-keluhan yang disebabkan oleh penurunan produksi estrogen seperti gangguan tidur, sakit kepala, kecemasan, kekeringan vagina, nyeri saat berhubungan seksual, dsb. Bagaimanapun, baik klomifen sitrat maupun estradiol valerat sebaiknya tidak digunakan tanpa indikasi yang jelas tanpa pengawasan dokter yang kompeten mengingat efek samping yang dapat ditimbulkan. Oleh sebab itu, diskusikanlah dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar