Sukses

Campak setelah imunisasi

13 Jul 2009, 10:39 WIB
Wanita, 28 tahun.
Sore dok, anak saya berumur 11 bulan, minggu lalu anak saya imunisasi campak trus besoknya (1 hari setelah imunisasi campak) anak saya langsung terserang penyakit campak. yang mau saya tanyakan : apakah imunisasi campak anak saya berhasil dok? dan mengapa anak saya langsung terserang campak setelah satu hari imunisasi campak? apakah daya tahan tubuh anak saya lemah dok? saya sangat kwatir sekali. Terima kasih banyak dok.( perempuan, 28 thn,150 cm,148 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Campak, measles atau rubeola adalah penyakit virus akut yang disebabkan oleh virus campak. Penyakit ini sangat infeksius, menular sejak awal masa prodromal sampai lebih kurang 4 hari setelah munculnya ruam. Infeksi disebarkan lewat udara (airborne).

Gejala penyakit campak secara umum menimbulkan demam, keluar bintik dan bercak merah di kulit yang kemudian menjadi bercak coklat/kehitaman.

Pada kasus anak ibu, besar kemungkinan virus campak telah menginvasi tubuh anak ibu jauh sebelum proses vaksinasi berlangsung. Terlebih jika terdapat aktivitas kontak dengan penderita campak dari 2 minggu sebelumnya. Secara garis besar, bukanlah dikarenakan proses imunisasi.

Untuk lebih detilnya, kami merekomendasikan Anda untuk mengakses artikel Klikdokter.com mengenai campak dengan mengklik link berikut ini : Campak

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam.

Dr. Imral Chair, Sp.AK
(Redaksi Pengasuh Rubrik Tumbuh Kembang Anak Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar