Sukses

Keputihan dan BAB hitam saat hamil

20 Oct 2014, 08:47 WIB
Wanita, 29 tahun.
saing dok, ada yg mau sy tanyakan nih seputar kebidanan n kandungan, saat ini usia kandungan sy masuk usia 22 minngu, berbeda dngn trimester I kmrn, sktg ini sy sering mengalamai keputihan tp tidak berbau hanya berwrna putih susu, apa penyebabnya ya dok n membahayakan tdk? kemudian sejak memasuki usia kehamilan ini ko klo BAB kotorannya berwarna hitam ya dok? apakah itu disebabkan oleh metabolisme bayi dm kandungan yg sdh mulai sempurna? apakah berbahaya dok? trim's atas jawabannya dok....( perempuan, 29 thn,155 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Peningkatan produksi cairan vagina di kehamilan memang dapat terjadi dikarenakan perubahan siklus hormonal di dalam tubuh ibu. Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis.

 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

 

Sementara keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya yang menimbulkan berbagai keluhan. Saat ini Anda memiliki cairan vagina Anda masih berada di dalam batas normal.

 

Selama masa kehamilan, apakah Anda meminum vitamin yang mengandung zat besi? apabila iya maka kemungkinan BAB hitam tersebut berasal dari terlalu banyaknya asupan zat besi yang Anda konsumsi. Apabila asupan makanan sudah kaya akan zat besi (susu, daging), maka tidak perlu lagi tambahan asupan suplemen.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar