Sukses

Benjolan kecil di tangan bayi

09 Jul 2009, 12:38 WIB
Wanita, 26 tahun.
Yth Bapak/Ibu dokter saya punya bayi usia 6 minggu. Ditanggan kanan bayi saya ada gatal-gatal berupa benjolan kecil-kecil. Lalu saya bawa ke puskesmas dan dijelaskan bahwa itu gatal akibat gigitan kutu. Kemudian diberi obat oles GAMEKSAN dan AMOXILIN serbuk dalam botol. Yang menjadi permasalahannya adalah saya kasihan pada bayi saya apabila harus mengkonsumsi amoxilin, dan kemarin tidak dijelaskan pula harus berapa hari amoxilin itu diberikan, karena setahu saya kalau minum amoxilin itu harus habis (padahal itu kan banyak sekali). Pertanyaannya : Ada tidak solusi lain selain pemberian amoxilin, mengingat bayi saya haya mengkonsumsi ASI? Dan mengapa pemberian obat oles itu hanya 1 kali saja dan baru boleh diulang setelah 1 minggu? Demikian, terimakasih atas jawabannya.( perempuan, 26 thn,150 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gatal berupa benjolan kecil-kecil di tangan kanan bayi Anda memiliki banyak sekali kemungkinan, dari skabies (kutu), alergi, infeksi, akibat ASI, atau kontak iritan dengan bahan kimia (ex: sabun dan lotion). Gameksan diberikan apabila dicurigai skabies adalah penyebabnya. Sedangkan amoksisilin diberikan apabila dicurigai infeksi bakteri adalah penyebabnya.

Untuk mengetahui secara pasti harus dilakukan pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan untuk berkonsultasi lagi, kalau perlu mencari second opinion ke dokter lain atau ke dokter spesialis anak. Syarat pemberian gameksan memang hanya 1 minggu sekali karena masa kerjanya. Saran kami adalah jaga kebersihan bayi Anda, jangan berkontak terlebih dahulu dengan bahan kimia iritatif (sabun dewasa, lotion dewasa), jaga kebersihan rumah (ganti seprai, gorden, sedot debu sofa dan karpet), dan teruskan ASI anak Anda

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar