Sukses

Komplikasi diabetes

09 Jul 2009, 09:15 WIB
Pria, 53 tahun.
Dok, selain menderita DM, buang air kecil saya tidak lancar dan seperti tidak tuntas. Apakah ini juga gejala pembengkangkan prostat? Dan kalau ingin ke dokter spesialis, ke dokter spesialis apa yang harus saya datangi? karena saat ini saya juga sulit untuk ereksi. Terima kasih.( laki-laki, 53 thn,166 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Diabetes melitus adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Diabetes sendiri merupakan penyakit kronik yang apabila tidak terkendali sangat mungkin menimbulkan komplikasi. Komplikasi diabetes tersebut diantaranya adalah :

                1.     Impoten / Disfungsi Ereksi & Kesemutan di Kaki

        Diabetes mampu merusak jaringan saraf dan pembuluh darah baik  pada kemaluan maupun kaki, sehingga dapat menyebabkan impoten dan kesemutan di kaki.

2.     Kerusakan ginjal

3.     Gangren (infeksi berat pada kaki hingga membusuk)

4.     Kebutaan

5.     Serangan Stroke

6.     Serangan Jantung Koroner

7.     Kematian Mendadak

Gangguan berkemih dan gangguan ereksi Anda mungkin saja merupakan salah satu komplikasi dari diabetes melitus. Namun memang perlu diketahui pada pria separuh baya, pembesaran prostat jinak sering terjadi.

Gangguan prostat ditandai dengan gejala obstruktif dan iritatif. Gejala obstruktif meliputi stream (gangguan pancaran aliran kencing), voiding (perlu mengedan ketika kencing), hesitency (jika sudah ingin merasa kencing, air kencing tidak dapat segera keluar), intermitency (air kencing terputus-putus), bladder emptying (tidak lampias), inkontinence (mengompol). Gejala iritatif ditandai dengan urgency ( tidak dapat menahan kencing), nocturia (jumlah kencing di malam hari meningkat), diuria (jumlah kencing di siang hari meningkat).

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai Pembesaran Prostat Jinak melalui artikel kami di bawah ini :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/12

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai diabetes dari definisi, diet, hingga pencegahan melalui Rubrik Diabetes kami di bawah ini :

http://diabetes.klikdokter.com/

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengendalikan kondisi diabetes Anda. Secara otomatis komplikasi yang terjadi tidak akan bertambah progresif apabila diabetes Anda terkendali. Apabila perlu dan memang terdapat gejala prostat, Anda dapat dirujuk ke dokter spesialis bedah urologi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar