Sukses

Perlukan pemeriksaan hormonal?

09 Jul 2009, 09:03 WIB
Wanita, 30 tahun.
Malam dokter, Dokter, sy ingin bertanya apakah bisa kalau sy mau tes hormon (untuk mengecek berhubungan dengan program kehamilan) tanpa surat pengantar dari dokter? selama ini dokter sy blm suruh sy untuk tes hormon, tetapi sy penasaran sekali. Dok, apakah tyroid berhubungan dengan kesuburan? dulu sy pernah melakukan tes (dgn surat dokter) untuk tyroid, dan hasilnya adalah: FT2 = 2.96 TSHs = 0.635 T3 (total) = 1.16 T4 (total) = 8.60 dan perlu dokter ketahui selama ini siklus menstruasi sy lancar tiap bulan antara 29-31 hari dan diawal2 haid ada sedikit rasa nyeri. Terima kasih dokter, GBU( perempuan, 30 thn,168 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Tes hormon dapat dilakukan sendiri tanpa pengantar dokter. Namun yang perlu Anda ketahui adalah apakah Anda mengetahui jenis pemeriksaan hormon yang mana yang perlu dilakukan untuk pemeriksaan kehamilan? Yang kedua yang perlu dipertimbangkan adalah jenis pemeriksaan hormonal ini cukup banyak namun tidak semuanya diperiksakan, tergantung kondisi. Mempertimbangkan juga harga yang dapat dibilang relatif mahal untuk pemeriksaan hormonal. Tanpa surat pengantar dokter mungkin saja Anda memeriksakan semuanya dan terkena cash yang tidak murah. Kemudian, Anda membutuhkan interpretasi hasil pemeriksaan Anda, dan paling baik hasil ini dibaca oleh dokter kebidanan yang memberikan surat pengantar tersebut karena beliau mengetahui riwayat Anda sebelumnya.

Siklus menstruasi yang teratur memiliki kemungkinan bahwa siklus Anda mengandung sel telur sehingga dapat terjadi pembuahan. Pemeriksaan kesuburan pun memiliki tahapan-tahapannya. Umumnya pertama kali akan direkomendasikan pemeriksaan ultrasonografi (USG) yang akan dilanjutkan dengan pemeriksaan HSG mengingat siklus Anda yang teratur. Jangan pula dilupakan pemeriksaan analisa sperma untuk suami Anda. Apabila memang semuanya normal, dapat dicoba obat terlebih dahulu. Apabila memang tidak menunjukkan tanda-tanda keberhasilan, maka barulah direkomendasikan pemeriksaan hormonal.

Pemeriksaan hormonal umumnya diajurkan bagi mereka dengan siklus menstruasi yang tidak teratur karena umumnya penyebab dari siklus tidak teratur adalah gangguan keseimbangan hormonal yang dapat berpengaruh pada kesuburan. Karena siklus Anda teratur maka pada awal pemeriksaan tidak dianjurkan oleh dokter pemeriksaan hormonal.

Gangguan tiroid sendiri seperti hipertiroid dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi atau siklus menstruasi yang memanjang dan menyebabkan sulitnya terjadi kehamilan. Hasil pemeriksaan fungsi tiroid yang Anda jabarkan masih berada di dalam batas normal.

Demikian informasi kami samapaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar