Sukses

Sebum pada lubang tindik

17 Oct 2014, 14:13 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dokter saya mengalami masalah dengan lubang tindik di telinga. Sekitar 2-3tahun lalu saya di tindik di telinga (sebelumnya belum pernah di tindik). Sampai saat ini disekitar lubang tindik jika ditekan seperti ada bagian yang keras. Apakah semua lubang tindik memang seperti itu??? Akhir-akhir ini jika dipegang, dari lubang tindik tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap (tapi tidak ada luka, bengkak atau apapun). Bagaimana cara menghilangkan bau tersebut dan apakah lubang tersebut terinfeksi??? terima kasih.( perempuan, 29 thn,163 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Secara teratur kulit menghasilkan atau memproduksi sebum yang terdiri dari lemak, keratin (suatu protein komponen kulit) dan sel-sel kulit mati. Sebum ini dapat terkumpul di dalam lubang tindik sehingga dapat sedikit teraba dan mengeluarkan bau tertentu. Bersihkanlah daerah tindikan dengan kain lembab secara teratur.

Benjolan yang ada mungkin juga merupakan sebuah kista sebasea. Sebum yang dihasilkan tidak dapat dikeluarkan sehingga terkumpul dan membentuk benjolan. Kista tersebut tidak perlu ditangani kecuali jika bertambah besar dan terasa sakit yang berarti kista tersebut mengalami infeksi sehingga perlu diangkat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar