Sukses

Tambal gigi saat hamil

19 Oct 2014, 13:19 WIB
Wanita, 30 tahun.
Sakit pada gigi gigi geraham ditambal Dok, kalau hamil apakah diperbolehkan tambal gigi ? apakah tambalan gigi dr tembaga harus dibongkar kalau hamil ? karena saya pernah baca artikel kalau tambalan gigi dr tembaga itu mengandung mercuri yg berbahaya u/ janin. Terima kasih sebelumnya( perempuan, 30 thn,162 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Tidak masalah ditambal saat hamil, namun sebaiknya semua tindakan perawatan gigi dilakukan di trimester kedua kehamilan.

Pada trimester pertama, kehamilan harus betul betul dijaga karena pada saat itu sedang terjadi pembentukan organ janin, jadi tindakan yang tidak terlalu urgent sebaiknya ditunda saja untuk menghindari perawatan yang mungkin akan menimbulkan dampak bagi janin (misalnya pemberian obat atau radiasi saat rontgen foto). Pada trimester ketiga perut ibu sudah membesar, yang dikhawatirkan adalah bila tindakan berlangsung cukup lama sehingga sang ibu cukup lama terbaring terlentang di dental unit. Beban dari bayi dapat menekan pembuluh darah vena cava inferior yang mengembalikan darah dari anggota tubuh bawah kembali ke jantung, sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan atau bahkan juga dapat terjadi kehilangan kesadaran.
Tambalan amalgam merupakan campuran antara amalgam alloy yang terutama terdiri dari perak dan tembaga, dengan logam cair yaitu merkuri. Pada saat tambalan sudah mengeras sebetulnya bahaya dari merkuri sudah sangat minim karena merkuri dalam kondisi terikat dengan logam lain. Pada saat pembongkaran justru dapat terjadi ikatan tersebut lepas, meski umumnya dokter gigi akan menggunakan alat suction sehingga serpihan tambalan yang hancur tidak akan diserap tubuh. Jadi untuk saat ini sebaiknya tambalan tersebut tidak perlu dibongkar dulu.

Bila di masa depan Ibu berencana untuk memiliki anak lagi, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter gigi sebelum kehamilan, karena pada saat hamil terjadi perubahan hormonal yang cukup drastis dan turut menimbulkan perubahan pada rongga mulut Anda.

 Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.com

 

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar