Sukses

Benjolan pada payudara (3)

02 Jul 2009, 14:45 WIB
Wanita, 21 tahun.
apa perbedaan benjolan payudara jinak dan benjolan payudara ganas?apa dampak yang terjadi dari benjolan payudara jinak dan benjolan payudara ganas jika tidak dapat melakukan operasi?( perempuan, 21 thn,160 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perbedaan antara ganas dan jinak tentunya terlihat di dalam gejala, terapi, dan prognosis 5 tahun ke depan (5 year survival rates). Benjolan jinak umumnya tidak berbahaya, membesar dalam waktu yang lama (atau memiliki ukuran yang tetap), tidak memiliki tanda radang (kemerahan, panas, sakit), karakteristik benjolan lebih halus dan tidak melekat, prognosis ke depan baik.

Kanker payudara umumnya tumbuh progresif dalam waktu singkat, benjolan umumnya melekat dan tidak bisa digerakkan, terdapat gambaran kulit jeruk pada payudara, puting mengeluarkan cairan nanah atau darah, dapat bermetastasis atau menyebar ke organ lain (paru, rahim, otak), dan karakteristik patologi anatomi yang berbeda dari benjolan jinak.

Benjolan jinak dapat hanya diobservasi saja, namun apabila semakin membesar maka disarankan operasi karena dapat menjadi pre-kanker. Sedangkan kanker payudara akan dilihat terlebih dahulu stadiumnya. Terapi kanker payudara mencakup kemoterapi, radioterapi, dan operasi. Terapi akan disesuaikan dengan stadium.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah sub bagian onkologi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar