Sukses

Benjolan pada payudara (2)

02 Jul 2009, 14:01 WIB
Wanita, 21 tahun.
benjolan itu sudah saya rasakan ada ketika saya duduk di bangku SMP kelas 2.saya merasakan benjolan itu makin lama semakin membesar.ketika waktu haid saya akan datang,saya merasakan payudara saya sakit.sekarang benjolan-benjolan itu sudah bertambah banyak yang awalnya saya ketahui cuma ada 1 benjolan.apa tindakan yang harus saya lakukan untuk sekarang ini?apakah ada pengaruh dari makanan sehingga benjolan itu berubah menjadi besar dan banyak?( perempuan, 21 thn,160 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan di payudara Anda saat ini memiliki 2 kemungkinan, yaitu benjolan payudara jinak atau benjolan payudara ganas. Namun mengingat pembesaran benjolan tersebut berlangsung cukup lama (sejak Anda kelas 2 SMP), maka kemungkinan benjolan tersebut mengarah ke benjolan jinak payudara. Benjolan ganas atau kanker payudara umumnya tumbuh cepat dan progresif.

Apakah Anda sudah membaca link artikel yang kami berikan? Pada fase reproduksi awal (15-25 tahun) terdapat pembentukan duktus dan stroma payudara. Pada periode ini umumnya dapat terjadi benjolan FAM dan juvenil hipertrofi (perkembangan payudara berlebihan). Benjolan dapat berjumlah 1 atau lebih.

Makanan tidak mempengaruhi pembentukan maupun pembesaran benjolan pada payudara. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis bedah guna evaluasi lebih lanjut. Anda akan membutuhkan pemeriksaan USG pada payudara atau pemeriksaan mammografi guna mendeteksi penyebab benjolan tersebut.

Apabila masih belum dapat ditentukan penyebabnya, kemungkinan akan ada tindakan biopsi jaringan payudara (mengambil sedikit jaringan payudara menggunakan jarum) untuk dilakukan pemeriksaan patologi anatomi guna mengetahui penyebab dari benjolan. Terapi yang dilakukan umumnya adalah operasi pengambilan benjolan apabila perlu.

Anda dapat menggunakan fitur Pencarian Dokter kami yang berada di halaman depat website untuk mencari dokter yang Anda inginkan. Kami sarankan untuk segera berkonsultasi langsung guna pemeriksaan fisik. Benjolan payudara pada wanita sebaiknya tidak dianggap remeh.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar