Sukses

Imunisasi HiB dan IPD

02 Jul 2009, 07:59 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok, anak saya skrg usia 9 bulan. pada usia 7.5 bulan baru imunisasi Hib ke 1. Yang mau saya tanyakan adalah kapan imunisasi Hib ke 2 diberikan? dan dosisnya sampai berapa kali Hib? krn informasi yang saya dapatkan berbeda". Usia 9 bln ini juga sdh jadwalnya imunisasi Campak, jadi kapan sebaiknya kedua imunisasi tsbt dilakukan? Anak saya jg di schedulekan imunisasi IPD, kalo ini ditunda boleh gak yah? krn menurut saya imunisasi campak & Hib masih blm saya lakukan. Dosis IPD untuk anak saya berapa kali & intervalnya berapa lama? Thanks a lot( perempuan, 25 thn,159 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Jadwal imunisasi dari IDAI tahun 2008 dapat Anda lihat di dalam Rubrik Tumbuh Kembang Anak kami yang berada di halaman depan website Klikdokter.com.

Imunisasi HiB diberikan sebanyak 4 kali dengan rentang waktu 2 bulan untuk 3 imunisasi pertama dan rentang 3 bulan untuk imunisasi ke-4. Pada usia 9 bulan ini Anda dapat melakukan baik imunisasi campak maupun HiB. Campak dapat dilakukan terlebih dahulu dan 2 minggu kemudian disusul dengan HiB karena imunisasi HiB pertama dilakukan pada usia 7,5 bulan.

IPD (Invasive Pneumoccocal Disease), merupakan sekelompok penyakit ganas yang disebabkan kuman Streptococcus pneumoniae (pneumokokkus). Bakteri tersebut secara cepat dapat masuk ke dalam sirkulasi darah dan merusak (invasif) serta dapat menyebabkan infeksi selaput otak (meningitis) yang biasa disebut radang otak.

Penelitian menunjukkan, sebagian besar bayi dan anak di bawah usia 2 tahun pernah menjadi pembawa (carrier) bakteri pneumokokus di dalam saluran pernapasan mereka. Oleh karena itu, bayi baru lahir  hingga bocah usia 2 tahun berisiko tinggi terkena IPD.

IPD disarankan diberikan pertama kali pada anak usia 2 bulan sebanyak 4 kali dengan rentang waktu 2 bulan untuk masing-masing imunisasi. Namun apabila anak sudah berusia 6-12 bulan, akan diberikan imunisasi dasar IPD sebanyak 2 kali dalam rentang waktu 2 bulan dan diberikan penguat sekali lagi pada usia 12-15 bulan sehingga totalnya adalah 3 kali imunisasi.

Karena IPD ini memang ditujukan pada anak yang berusia di bawah 2 tahun, mengingat risiko meningitis akibat pneumokokkus banyak terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun, apabila Anda ingin menundanya maka jangalah menunda terlalu lama.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.


    0 Komentar

    Belum ada komentar