Sukses

Oligomenore dan kesuburan

02 Jul 2009, 09:04 WIB
Wanita, 26 tahun.
saya ingin bertanya.siklus haid saya memang tidak teratur.haid terakhir saya pada bulan April.sampai hari ini saya belum dapat haid lagi.saya coba gunakan test kehamilan hasilnya negatif.dulu pada awal penikahan, saya juga pernah mengalami hal yang sama hampir 3 bulan saya tidak dapat haid.saya pernah sekali kedokter kandungan,tp dia tdk bercerita banyak. saya jd takut.apakah saya sehat/subur.kenapa setiap saya dan suami berhubungan selalu terjadi seperti ini (saya dan suami memang jarang bertemu krn suami kerja diluar kota, 3 bln sekali) - trimakasih( perempuan, 26 thn,158 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Mohon konfirmasi data kembali karena data yang Anda berikan sedikit membingungkan :

  • Apakah siklus haid Anda memang tidak teratur sejak awal mula haid? atau hanya terjadi setelah pernikahan?
  • Apa yang Anda maksud dengan, "kenapa setiap saya dan suami berhubungan selalu terjadi seperti ini "?

Kondisi anda saat ini disebut dengan oligomenorea yaitu siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.  Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini, antara lain adalah pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), obesitas, stres psikologis, aktivitas berlebih seperti atlit, gangguan indung telur, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, dsb.

Apabila anda masih mengalami gangguan siklus haid lebih lanjut kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi. Oligomenore pada wanita muda paling banyak disebabkan karena ketidak seimbangan hormonal.

Dalam kondisi ini masih dapat terjadi kehamilan apabila memang siklus Anda menghasilkan sel telur yang matang (dalam artian Anda subur). Namun yang sulit diperkirakan adalah waktu subur Anda. Kami sarankan untuk melakukan hubungan intim teratur, 2-3x/minggu apabila sedang merencanakan kehamilan. Apabila memang hanya bertemu 3 bulan sekali mungkin lebih sulit untuk merencanakan kehamilan.

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesuburan ke dokter kebidanan dan kandungan melalui pemeriksaan USG, HSG, hormonal, dan lain-lain sesuai kebutuhan. Suami juga dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar