Sukses

Menyusui di kala hamil

01 Jul 2009, 14:04 WIB
Pria, 30 tahun.
Kami memiliki Anak usia 6 bulan, pada saat ini istri saya hamil, yang menjadi pertanyaan, apakah masih diperbolehkan menyusui anak kami tersebut? terimakasih( laki-laki, 30 thn,169 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Jika kehamilan istri Anda dinyatakan sehat oleh dokter, maka silakan teruskan menyusui. Menyusui disarankan untuk diberhentikan apabila pada riwayat kehamilan sebelumnya terdapat masalah seperti kelahiran prematur, keguguran, dan kontraksi berlebihan.

Jangan takut bahwa janin akan kekurangan gizi karena secara alami tubuh memprioritaskan pemberian zat gizi untuk janin yang sedang tumbuh tanpa mengurangi porsi yang dibutuhkan untuk membentuk ASI. Beberapa ibu hamil memang ada yang takut menyusui karena secara teori hormon oksitosin yang dihasilkan pada saat penghisapan puting atau pada saat menyusui dapat menyebabkan kontraksi rahim. Namun jangan khawatir karena rahim memiliki daya tahan cukup baik untuk mencegah efek hormon oksitosin.

 WHO merekomendasikan pemberian ASI sampai usia 2 tahun. Tentunya apabila ingin menyusui di kala hamil, pastikan asupan nutrisi ibu hamil cukup untuk kebutuhan 3 orang. Selalu jaga kesehatan dan kondisi tubuh, jangan terlalu lelah dan cukupkan istirahat, dan pastikan posisi menyusui benar karena puting susu akan lebih peka dan lebih lunak. Apabila masih ragu, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar