Sukses

Pil KB untuk ibu yang tidak menyusui

17 Oct 2014, 22:40 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok, saya skrg mengkonsumsi pil KB Diane, tp efeknya 1 bulan saya tidak menstruasi. Sebelumnya saya konsumsi Exluton tp katanya ini untuk ibu yg menyusui dan akan kurang efek nya jika diminum oleh saya yg sdh tidak menyusui lg. Yg ingin saya tanyakan: karena saya merasa cocok dgn Exluton, apakah memang efeknya akan berkurang jika diminum oleh ibu yg sudah tidak menyusui lg? jika saya ingin meminum Exluton lg boleh gak? Thank a lot.( perempuan, 25 thn,169 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Exluton adalah kontrasepsi oral yang berisikan 5 mg lynoestrenol. Lynoestrenol adalah turunan dari progestogen dan digunakan untuk pencegahan kehamilan. Exluton dianjurkan untuk wanita hamil yang ingin memakai kontrasepsi karena tidak terdapat kandungan estrogen yang dapat menekan produksi ASI.

Exluton sebaiknya tidak dikonsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat tromboflebitis (peradangan akibat sumbatan di pembuluh daran, gangguan fungsi hati, dan perdarahan vaginal yang tidak diketahui sebabnya. Tidak ada larangan untuk tetap memilih exluton sebagai alat kontrasepsi meskipun saat ini Anda tidak menyusui. Hanya saja memang karena tidak menekan produksi ASI maka exluton dianjurkan pada wanita menyusui. Efektifitasnya akan tetap sama meskipun saat ini Anda sudah tidak menyusui lagi.

Yang perlu diperhatikan adalah pemakaian exluton yang diharapkan tidak pernah 'bolong' atau harus terus dikonsumsi setiap hari dan pada waktu yang sama agar tetap efektif.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar