Sukses

Kontraksi pada kehamilan

19 Oct 2014, 09:29 WIB
Wanita, 40 tahun.
Selamat pagi dok, saat ini kehamilan saya memasuki usia 22 minggu. Setiap hari saya melakukan perjalanan ke kantor. Jarak antara rumah saya ke kantor kurang lebih 2 jam perjalanan jadi PP 4 jam, dengan kondisi beberapa luas jalan rusak. Waktu kemarin kontrol, dsog saya memberikan tambahan obat dufadilan yang boleh diminum kalau kontraksi 2x1/2. Tapi saya tidak tahu kontraksi itu seperti apa ya dok? Maklum ini pengalaman saya yang pertama. Perut saya sering terasa kencang seperti orang yang kekenyangan tapi tidak terasa sakit atau mules, apakah itu yang dinamakan kontraksi? Terima kasih atas jawabannya.( perempuan, 40 thn,160 cm,62 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kontraksi yang perlu diwaspadai adalah kontraksi asli dimana terdapat peningkatan ketegangan perut mulai dari batas atas perut (di daerah ulu hati atau perut bagian atas) yang menjalar ke bawah perut dan merata ke seluruh perut. Perut yang tegang ini akan terasa seperti mulas dan berlangsung lama. Apabila hanya perut kencang saja maka hal tersebut bukanlah kontraksi.

Kontraksi seperti yang kami gambarkan di atas adalah kontraksi yang perlu Anda waspadai dan obat yang diberikan oleh dokter harus diminum. Batasilah aktivitas Anda apabila Anda sering berkontraksi. Usahakanlah istirahat setiap kali Anda bekerja mengingat lamanya perjalanan kerja yang harus Anda tempuh. Jangan lupa tetas asup nutrisi yang seimbang untuk kebutuhan nutrisi janin Anda.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai informasi kehamilan dari minggu ke minggu melalui fitur Kalender Kehamilan kami yang berada di halaman depan website.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar