Sukses

Penyebab keguguran?

16 Oct 2014, 18:40 WIB
Wanita, 24 tahun.
dok, apakah ketika kita hamil 4 s/d 8 minggu kemudian melakukan hubungan suami istri dan langsung kita cuci dan dibersihkan dapat mengakibatkan keguguran.kemudian apabila kita membersihkan menggunakan cairan pembersih vagina dapat mengakibatkan keguguran juga dok.( perempuan, 24 thn,168 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ib/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kematian janin pada triwulan pertama (abortus spontan) dipengaruhi oleh faktor janin dan faktor ibu. Insiden aborsi pada triwulan pertama tinggi. Penyebab paling abortus pada triwulan pertama ini adalah abnormalitas kromosom (30-60%). Kelainan kromosom yang paling sering ditemukan adalah trisomi autosom. Kelainan kromosom tidak hanya dapat mengenai janin, tapi juga plasentanya. Satu penelitian menemukan peningkatan apotosis (proses “bunuh diri” sel) dan penurunan proliferasi sel pada palsenta (ari-ari) yang mengalami kelainan kromosom.

Sebetulnya, kematian janin pada triwulan pertama juga dipengaruhi oleh faktor ibu. Beberapa hal yang berkaitan dengan faktor ibu yang dapat menyebabkan abortus spontan adalah faktor genetik orangtua yang berperan sebagai carrier (pembawa) di dalam kelainan genetik; infeksi pada kehamilan seperti herpes simpleks virus, cytomegalovirus, sifilis, gonorrhea; kelainan hormonal seperti hipertiroid, kencing manis yang tidak terkontrol; kelainan jantung; kelainan bawaan dari rahim, seperti  rahim bikornu (rahim yang bertanduk), rahim yang bersepta (memiliki selaput pembatas di dalamnya)  maupun parut rahim akibat riwayat kuret atau operasi rahim sebelumnya.  Mioma pada rahim juga berkaitan dengan angka kejadian aborsi spontan.

Hubungan suami istri dapat dilakukan sejak awal kehamilan sampai menjelang akhir kehamilan, kecuali ada kondisi-kondisi yang berisiko terjadi abortus, seperti riwayat perdarahan pada awal kehamilan. Penggunaan cairan pembersih vagina dapat menganggu keseimbangan keasaman atau pH vagina dan mencetuskan infeksi dalam vagina. Infeksi ditandai dengan keputihan yang berwarna dan berbau, serta rasa gatal atau panas dalam vagina. Pada keadaan infeksi hindari hubungan intim, karena dapat menyebabkan terdorongnya mikroba ke atas, dan mungkin saja menyebabkan infeksi dalam kandungan.

Untuk membaca lebih lanjut tentang kematian janin pada triwulan pertama ini, Ibu dapat mengunjungi halaman website kami ini: https://www.klikdokter.com/illness/detail/126.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar