Sukses

Mioma Pada Masa Hamil

03 Jul 2009, 13:54 WIB
Wanita, 31 tahun.
Selama t siang... SAya skr sedang hamil 9 week. Dan hsl usg tadi malam terlihat bahwa terdapat miom. Apakah akan membahayakan janin yg sedang saya kandung??? Skr ukuran janin 2.15cm. Saat ini saya dikasi penguat cygest400 yg katanya u menekan pertumbuhan miom. Apakah kehamilan saya ini bermasalah mengingat kehamilan saya ini adalah kehamilan ke 8 dimana kehamilan 7 lainnya tdk berhasil. 6 keguguran spontan dan 1 kali kuret. Mohon adanya penjelasan dr dokter. terima kasih( perempuan, 31 thn,150 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pada umumnya mioma tidak akan mengganggu proses kehamilan kecuali bila letaknya di bawah selaput dinding rahim (submukosa) atau di dalam otot rahim (intramural) yang berpotensi dapat tumbuh menekan ke arah rongga rahim yang biasanya ukurannya besar (diameter lebih dari 3cm).

Mioma saat proses kehamilan akan tumbuh lebih besar karena adanya peningkatan kadar hormon. Sehingga mungkin saja akan mengganggu kehamilan yang semakin basar.

Mioma pada kehamilan (tergantung ukuran dan lokasi), dapat menyebabkan keguguran, lahir prematur, gangguan kontraksi rahim dalam persalinan atau pun pasca persalinan,

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar