Sukses

Hasil test pack berubah?

20 Oct 2014, 09:53 WIB
Wanita, 24 tahun.
dok saya mau tanya.tgl 29 juni kemarin saya test urine menggunakan test pack dilab pada siang hari. pada hasil test pack tsb, dinyatakan saya positif hamil dengan 2 garis merah yg terlihat jelas.dan diberikan surat keterangan positif. pada esok harinya, pagi hari tgl 30 juni saya memeriksakan kebidan. dengan bidan pun saya disuruh test peck kembali. tetapi, hasil dari bidan tsb ada 2 garis merah tetapi hasilnya masih membayang.dan bidannya pun terlihat masih ragu-ragu. mengapa bisa terjadi seperti itu dok..?? mengapa bisa terjadi perbedaan. saya haid terakhir tgl 23 mei 2009. dan sampaii skrg blm haid. apakah bisa saya dikatakan hamil..? perlukah saya memeriksakan lagi ke dokter. mohon bantuannya dok.. ( perempuan, 24 thn,148 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • terlambatnya periode menstruasi
  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri pada payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan embrio ke dinding rahim, dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi 
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Tanda yang paling mudah untuk mencurigai adanya kehamilan adalah faktor keterlambatan menstruasi, namun hal ini baru dapat dilihat saat menstruasi mencapai siklus 28-30 hari dimana menstruasi seharusnya terjadi. Dan tanda-tanda tidak pasti kehamilan yang lain sebenarnya juga tidak khas menandakan kehamilan saja, karena menjelang menstruasi sebagian besar perempuan juga dapat merasakan keluhan yang serupa. Maka dari itu, test pack dilakukan untuk meyakinkan ada/tidaknya kehamilan.

Pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack dapat menunjukkan hasil positif apabila telah mendeteksi hormon B-hCG dalam jumlah tertentu dalam urin. Hormon ini dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% perempuan. Semakin besar usia kehamilan, kadar B-hCG yang dihasilkan semakin meningkat, sehingga kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar.

Bagaimanapun, test pack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Oleh sebab itu kami sarankan sebaiknya Ibu melakukan pemeriksaan test pack ulang 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat. Adapun kehamilan baru dapat dilihat melalui pemeriksaan USG sejak minggu ke-4 hingga ke-6 kehamilan. 

Demikian keterangan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar