Sukses

Karang gigi cepat terbentuk

19 Oct 2014, 03:30 WIB
Wanita, 36 tahun.
Bagaimana cara menghambat pembentukan karang gigi? Pasta gigi apa yang baik untuk saya (karang gigi saya cepat tumbuh,kurang dari 1 bln setelah dibersihkan)?( perempuan, 36 thn,155 cm,54 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sebelumnya perlu Ibu pahami dulu bagaimana karang gigi (dalam bahasa kedokteran gigi disebut dental calculus) dapat terbentuk.

Permukaan gigi kita tidak pernah betul-betul bersih. Segera setelah kita sikat gigi pun, lapisan tipis akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi. Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak,protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor.
Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak itu sendiri plus dari air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi.  Jadi sebetulnya yang lebih berperan adalah kecermatan dan kedisiplinan dalam membersihkan dan menyikat gigi, ketimbang penggunaan pasta gigi tertentu. Terkadang banyak orang yang menyikat gigi asal-asalan yang penting disikat, tapi setelah menyikat gigi plak tetap ada dan kurang bersih. Saran Saya,  sikatlah gigi  sambil bercermin,  dengan memperhatikan arah penyikatan (atas bawah sedikit memutar dan mengenai gusi). Dengan demikian Anda dapat lebih teliti dan dapat melihat apakah plak sudah betul-betul bersih.

Bagaimana dengan produksi dan kekentalan air liur Anda? Apakah mulut Anda sering terasa kering? Coba perhatikan saat Anda meludah, apakah air liur Anda kental, atau cair dan berbusa? Air liur kita sangat berperan untuk self-cleaning, dengan adanya air liur, sisa makanan dan plak yang terdapat di permukaan gigi akan terbilas secara mekanis namun hanya efektif pada daerah 2/3 mahkota gigi dan tidak pada daerah leher gigi. Oleh karena itu karang gigi paling banyak terbentuk di daerah leher gigi yaitu daerah mahkota gigi yang berbatasan dengan gusi, yang terlihat sebagai garis kekuningan atau kecoklatan. Kalau produksi air liur kurang, otomatis mekanisme "self-cleaning" air liur juga kurang apalagi kalau penyikatan gigi tidak optimal.

Ada baiknya Anda juga menerapkan dental flossing setelah menyikat gigi, untuk membersihkan daerah sela gigi yang tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi. Dental floss biasanya dapat diperoleh di apotik.Dental floss sangat baik terutama pada orang yang memiliki gigi berjejal atau tumpang tindih.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar