Sukses

Takut ke dokter gigi

16 Oct 2014, 10:42 WIB
Wanita, 37 tahun.
dokter, sudah beberapa bulan gigi geraham kiri depan, di sela-sela gigi nya terasa ngilu sampai sakit kepala. saya blum sempat ke dokter gigi, cuma beberapa minggu ini rasa sakitnya tidak tertahankan (ngilu sampai ke gusi). mau ke dokter gigi tapi takut sakitnya, (karena pernah pengalaman cabut gigi bungsu tp sakit sekali) dan suasana ruang dokter gigi yang menurut saya bikin serem. apakah ini termasuk gigi berlubang? apakah sakit tsb krn sudah sampai ke akar gigi? apa yg harus sy lakukan? apakah ada klinik gigi yang terkesan nyaman spt di rumah? terima kasih( perempuan, 37 thn,158 cm,71 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pertama-tama yang dapat Saya sampaikan adalah sebetulnya perawatan gigi itu tidaklah menyeramkan, jika saja pasien datang sedini mungkin. Bila dalam kasus-kasus seperti karies, pasien biasanya cenderung mengabaikan saja hingga akhirnya lubang gigi yang terbentuk semakin dalam dan besar. Jadi pada saat perawatan pasti sakit karena syaraf gigi sudah terekspos, sehingga terkesan ke dokter gigi itu menakutkan dan pasti akan sakit.

Dalam kasus Anda, Saya membayangkan alangkah tidak nyamannya Anda menahan rasa sakit sedemikian lama dan sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Padahal kalau Anda segera ke dokter gigi sedini mungkin bisa jadi rasa sakit yang terasa saat sedang menjalani perawatan tidak akan seberat rasa sakit yang Anda rasakan saat ini. Tidak perlu terus berpegang pada kenangan masa lalu saat Anda mengalami kejadian tidak menyenangkan saat pencabutan gigi susu, banyak dokter gigi yang bekerja dengan hati nurani dan berupaya semaksimal mungkin agar pasien tidak merasa kesakitan. Namun pada kenyataannya, bila syaraf gigi telah terekspos misalnya karena karies atau gigi patah, maka rasa sakit tidak dapat dihindari. Demikian juga pada tindakan perawatan yang mengharuskan dilakukannya penyuntikan anestesi (obat bius), namun ini pun rasa sakitnya tidak seberapa.

Kebanyakan pasien telah membangun sugesti negatif terlebih dulu, mungkin berdasarkan pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu ataupun setelah mendengar cerita dari teman atau keluarga. Tapi tentu tidak dapat dipukul rata bahwa semua perawatan gigi akan berakhir dengan rasa sakit. Tidak sedikit dokter gigi yang menata kliniknya sedemikian rupa demi kenyamanan pasien, hingga dapat mengurangi rasa ketakutan dan kecemasan pasien akan perawatan gigi yang akan dihadapi. Peralatan dan bahan kedokteran gigi pun sekarang semakin canggih, yang memudahkan bagi pasien maupun dokter gigi.

Bila hanya mengacu kepada keterangan Anda tanpa melihat secara langsung, dugaan Saya memang telah terjadi karies pada gigi Anda. Mungkin karena pada gigi tersebut sering terselip makanan yang sulit dibersihkan sehingga sisa makanan yang tersangkut membusuk dan menjadi tempat bakteri hidup dan berkembang biak.Lama kelamaan terjadi proses karies pada daerah tersebut. Kemungkinan lainnya adalah gigi Anda mengalami penyakit periodontal (jaringan pendukung gigi). Untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada gigi Anda tentu harus diperiksa secara langsung bahkan bila dibutuhkan maka perlu dilakukan pemeriksaan radiograf (foto rontgen. Saya menyarankan segeralah berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi. Anda dapat menggunakan fitur "Cari Dokter" atau "Cari RS" di website klikdokter, atau dengan mencari referensi dokter gigi pada anggota keluarga atau kerabat Anda.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar