Sukses

Bronkitis Kronik?

30 Jun 2009, 10:36 WIB
Pria, 53 tahun.
Selamat Pagi, Dokter saya mau bertanya: Keluarga saya berdasarkan diagnosa foto dada dinyatakan bronkitis kronis, tetapi tidak pernah ada gejala. Hasil diognosa bulan april yang lalu, dan sudah satu minggu ini tiba-tiba batuk tapi badan tidak panas. Apakah batuk ini merupakan bukti bahwa memang sakit bronkitis? Alhamdullilah batuk sudah mulai sembuh setelah minum ramuan daun sirih yang dicampur jahe dan madu. Nah Dokter apakah ada buah yang dapat digunakan untuk menyembuhkan bronkitis? Terima kasih atas jawabannya.( laki-laki, 53 thn,160 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebetulnya diagnosis bronkitis kronik ditegakkan berdasarkan gejala klinis yaitu batuk  produktif (berdahak) yang mengeluarkan dahak berwarna putih kekuningan atau hijau yang berlangsung lebih dari 3 bulan. Penyebab paling utama adalah merokok, diikuti dengan paparan terhadap bahan polutan seperti debu, asap, maupun asap rokok orang lain (perokok sekunder).

Pengambilan foto sinar X dilakukan untuk menguatkan diagnosis klinis tersebut. Jadi, jika Bapak tidak mengalami gejala seperti yang tertulis di atas, Bapak tidak menderita bronkitis kronik. Apakah ada keluhan lain yang membawa Bapak ke dokter dan dilakukan pemeriksaan sinar X tersebut? 

Bagaimana deskripsi batuk yang Bapak alami saat ini? Apakah berdahak? Jika ya, apakah disertai dahak? Apakah dahaknya bening atau berwarna kuning-hijau? Jika baru 1 minggu, batuk tersebut disebabkan oleh infeksi saluran napas atas akut. Jika dahak yang ada berwarna putih-kuning, penyebabnya kemungkinan hanya virus saja dan akan sembuh dengan sendirinya. Tindakan yang Bapak lakukan sudah benar. Sebaiknya perbanyak minum dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan banyak beristirahat serta makan makanan yang bergizi seimbang, termasuk buah-buahan. Jika Bapak merokok, sebaiknya dihentikan. Karena seperti yang sudah dituliskan di atas, merokok merupakan penyebab paling utama bronkitis kronik.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar