Sukses

Kehamilan dengan obesitas

17 Oct 2014, 17:37 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok, saat ini saya sedang hamil sekitar 7 minggu. saya bingung dok, karena berat badan saya termasuk kategori obesitas. ada kekhawatiran tubuh saya akan semakin berat saat masa kehamilan berjalan. adakah saran dari dokter bagaimana saya harus mengatur pola makan saya dan berapa banyak kalori yang saya butuhkan dimasa kehamilan ini tanpa harus diet yang mungkin akan mengganggu perkembangan janin saya. terima kasih banyak dok...( perempuan, 24 thn,167 cm,84 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan BB dan TB Anda, Indeks Massa Tubuh (IMT) yang Anda miliki adalah 30,12 atau termasuk di dalam kategori obesitas. Pada kehamilan dengan ibu yang memiliki IMT > 22,9, kenaikan berat badan disarankan dalam kisaran 7,5-12,5 kg.

Tentu saja kehamilan bukan berarti makan dua kali lipat, namun makan dengan asupan nutrisi dan kalori yang lebih guna perkembangan janin. Asupan semua zat gizi tetap harus dipenuhi namun Anda sebaiknya mengurangi makanan berlemak seperti lemak dari daging, kulit, makanan yang digoreng. HIndari makanan yang hanya mengandung gula kosong seperti permen, coklat dalam jumlah berlebihan.

Sebaliknya, penuhi kebutuhan Anda akan sayuran, buah-buahan, protein (daging, ikan, telur) dengan cara memasak dipanggang atau direbus (lebih baik dari digoreng), dan karbohidrat dalam jumlah seimbang.  Dalam masa kehamilan trimester kedua, Anda tetap membutuhkan tambahan 300 kalori setiap harinya.

Tidak ada larangan konsumsi makanan di dalam kehamilan, namun kurangi beberapa jenis makanan seperti yang kami sebutkan di atas. Tanpa makanan berlemak tersebut, kebutuhan nutrisi janin Anda tetap akan terpenuhi tanpa perlu penambahan berat badan berlebih.

Untuk lebih jelasnya, silakan Anda menggunakan fitur Kalender Kehamilan yang terdapat di halaman depan website kami untuk memperoleh informasi kehamilan dari minggu 1-40 beserta tipsnya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar