Sukses

Gangguan haid pasca sterilisasi

20 Oct 2014, 07:40 WIB
Wanita, 38 tahun.
Dok, saya mau tanya, setelah saya melahirkan anak yang kedua , setelah 1 tahun, saya baru mendapat mens kembali, tapi mens saya ini berlangsung lama dan sedikit, bisa mencapai 14 hari. Sekedar info, setelah melahirkan saya langsung steril, apakah ini pengaruh dari steril dok ? apakah itu berbahaya ? sebelumnya mens saya selalu 5 hari dan teratur. Mohon jawaban dari dokter, terima kasih( perempuan, 38 thn,157 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sterilisasi pada wanita dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah pengikatan saluran tuba, pengangkatan indung telur, dan pengangkatan rahim. Kondisi Anda yang masih menstruasi menandakan bahwa sterilisasi yang Anda lakukan kemungkinan adalah pengikatan saluran tuba dimana indung telur dan rahim masih ada sehingga masih bisa terjadi menstruasi.

Tentunya setiap kali tindakan yang dilakukan akan memiliki efek adaptasi di dalam tubuh. Pengikatan tuba sendiri seharusnya tidak mengganggu sirkulasi hormonal yang mengatur siklus menstruasi. Siklus haid yang Anda alami sekarang dapat disebabkan karena gangguan pembekuan darah, gangguan hormonal, atau gangguan lapisan rahim.

 

Apabila anda masih mengalami gangguan siklus haid lebih lanjut, kami sarankan sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi dan mencari penyebab dari gangguan sklus Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar