Sukses

Kemungkinan hamil dengan kista

26 Jun 2009, 09:42 WIB
Wanita, 28 tahun.
Assalamu'alaikum Wr.Wb, dokter yang baik hati, saya wanita sudah menikah tahun lalu. saya ingin menanyakan beberapa hal. sebelumya saya pernah operasi usus buntu sekitar tahun 2003, usus buntu tsb pecah sehingga saya dipasang selang untuk mengeluarkan cairan2 yg pecah tadi yang ada diperut selama beberapa hari. menurut dokter yg mengoperasi saya, ditemukan kista menempel pd indung telur saya, sehingga indung telur saya yg sebelah kanan diangkat oleh dokter tsb agar tidak membahayakan. Yang ingin saya tanyakan apakah saya masih bisa hamil dok? dan kista tersebut masih ada sebesar 3 cm (menurut hasil pemeriksaan USG minggu lalu), apakah kista tersebut juga mempengaruhi terhambatnya kehamilan? demikian pertanyaan yang saya ajukan, mohon bantuan penjelasannya dok. Terima Kasih... Wassalam.( perempuan, 28 thn,143 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

KIsta ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Umumnya kista diikuti oleh gejala lain seperti gangguan menstuasi, nyeri perut bawah, mual, dll.

 

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan memang memerlukan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak akan diperlukan terapi apapun.

 

Sayang sekali Anda tidak mendeskripsikan lokasi tepatnya kista Anda saat ini. Namun seperti yang kami sebutkan di atas, pertumbuhan kista akan diawasi. Selama tidak ada masalah pada kista tersebut, kehamilan tetap dapat terjadi. Sel telur masih bisa dihasilkan dari indung telur kiri Anda.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar