Sukses

Membawa bayi bepergian jauh

20 Oct 2014, 03:13 WIB
Wanita, 24 tahun.
dokter sy ingin tanya. saya memiliki bayi umur 2 bulan 5 hari BB 6.6kg. rencananya suami ingin membawa anak sy pd bulan agustus nanti pergi ke lampung. yg menjadi pertanyaan dan kekhawatiran sy adalah amankah bagi bayi saya bepergian jarak jauh seperti itu? a[palagi mengingat kondisi mobil pribadi sy yg non AC + suasana dalam kapal feri yg (menurut sy)sangat tidak layak untuk bayi. mohon penjelasannya terima kasih( perempuan, 24 thn,158 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bayi memang sebaiknya tidak dibawa bepergian jauh karena daya tahan tubuh mereka yang masih belum sempurna. Memang tidak ada batasan usia kapan mereka dapat diajak bepergian, namun pada usia di bawah 1 bulan disarankan tidak bepergian jauh.

Bayi Anda akan berusia 4 bulan pada Agustus bulan depan, apabila kondisi bayi Anda sehat (ASI kuat, menangis kuat, BAK dan BAB normal, serta tidak ada keluhan) dan Anda berniat untuk mengajaknya bepergian ke Lampung tidak ada larangan asalkan persiapan yang Anda lakukan cukup lengkap.

Setelah beberapa jam perjalanan berhentilah sebentar untuk beristirahat dan agar bayi Anda menghirup udara segar, pastikan selimut bayi Anda cukup tebal untuk melindunginya dari angin dan dingin, pastikan asupan ASI terpenuhi dengan baik, hindari keluarga/penumgpang lain di fery yang terlihat sakit (flu/batuk/lainnya), selalu evaluasi kondisi bayi Anda setiap beberapa jam (demam, diare, rewel). Satu lagi adalah pastikan kondisi badan Anda sehat guna menopang bayi dan memberikan jumlah asupan ASI yang cukup.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    1 Komentar

    • Rob******Chendry Atmoko

      dok saya mau tany anak saya usia 1 tàhun lebih 10 bulan apa boleh diajak bepergian jauh seperti jogja ke Bali ya? mohon saran nya ...terima kasih