Sukses

Hubungan Hiperhidrosis Lokal & Jantung?

16 Oct 2014, 12:50 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok... saya punya silsilah nenek saya dulu meninggal karna jantung... sekarang saya mengalami hiperhidrosi hanya di bagian telapak tangan dan kaki saja... apakah saya juga menderita kelainan jantung???( perempuan, 23 thn,155 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Telapak tangan atau kaki yang sering berkeringat belum tentu merupakan tanda gangguan jantung. Keadaan ini disebut juga hiperhidrosis lokal (mempengaruhi hanya bagian tubuh tertentu). Hiperhidrosis lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi. Jadi, keringat yang berlebihan hanya di kedua telapak tangan dan/atau di kedua telapak kaki, tanpa disertai keluhan gejala-gejala gangguan jantung atau gejala sistemik lain, kemungkinan hiperhidrosis tersebut hanya disebabkan oleh rasa cemas saja.

Untuk mencegah timbulnya penyakit jantung dan pembuluh darah, sejak muda sebaiknya menjaga kesehatan dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Makan makanan yang sehat dan teratur, hindarilah makanan yang berlemak seperti yang ada dalam makanan cepat saji (junk food), banyak makan sayuran dan buahan, serta berolahragalah secara teratur.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar