Sukses

Hasil analisis sperma Astenozoospermia?

20 Oct 2014, 00:32 WIB
Wanita, 30 tahun.
Siang Dokter... suami sy telah melakukan analisa sperma, adapun hasilnya adalah sbb: SPERMATOZOA konsentrasi = 31.2 juta/ml Motilitas : A. Gerakan Cepat = 8 % B. Gerakan lambat = 21% C. Gerakan ditempat = 18% D. Tidak bergerak = 53% Morfologi: - Normal ideal = 15% - Kelainan kepala = 30% - Kelainan Leher = 10% - Kelainan ekor = 40% - Sisa Sitoplasmik = 5% Aglutinasi = positif Viabilitas = 12% SEMINAL PLASMA Volume = 2.4 ml penampilan = Bagus Pencairan = Abnormal Konsistensi = putih keruh pH = 9 Lekosit -= 4-6 UJI FRUKTOSA Azoospermia = tidak ada sperma Keterangan Jumlah sperma = Normozoospermia Motilitas Sperma = Astenozoospermia Morfologi sperma = Teratozoospermia Yang ingin saya tanyakan, apakah hasil nya jelek? apakah dengan kondisi seperti ini bisa membuahi? terima kasih( perempuan, 30 thn,168 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan hasil pemeriksaan analisis sperma, suami Ibu memiliki keadaan yang disebut astenoteratozoopermia, yaitu suatu keadaan dimana dari semua sperma yang ada, pergerakannya (gerak lurus cepat atau gerak lurus lambat) kurang dari 40%, sedangkan bentuk sperma yang tidak normal juga di atas 40%. Adanya gangguan pergerakan ini mempengaruhi kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

Penyebab keadaan ini bermacam-macam, antara lain gangguan pembuluh darah, infeksi, imunologi, testis terlampau panas, dll. Pada suami Ibu, kemungkinan besar penyebabnya adalah infeksi. Hal ini dilihat dari hasil analisis semen yang menunjukkan konsistensi yang putih keruh, pencairan abnormal, pH yang basa, serta adanya peningkatan jumlah sel darah putih (leukosit).

Karena itu, untuk penatalaksanaan selanjutnya, sebaiknya suami Ibu dibawa berkonsultasi dengan dokter spesialis Andrologi. Pencarian dokter dapat Ibu lakukan melalui fitur Pencarian Dokter yang terdapat di halaman depan laman kami.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar