Sukses

Nyeri/perih di ulu hati

23 Jun 2009, 11:25 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dear dokter, Saya punya keluhan hampir setiap hari ada terasa nyeri/perih didaerah ulu hati. Dan hal ini sudah berjalan sekitar 5 th belakangan ini. Saya sering sekali tidur malam sekitar jam 1 malam. Yang ingin saya tanyakan apakah ini merupakan tanda dari adanya suatu penyakit. Ataukah hanya nyeri biasa . . Atas jawabannya saya sampaikan terimakasih.(perempuan, 25 thn,159 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan keluhan nyeri pada ulu hati, diantaranya adalah gangguan lambung atau usus 12 jari, gangguan aliran balik asam lambung, hingga penyakit jantung. Dengan demikian, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

  • Adakah keadaan tertentu dimana nyeri itu timbul, seperti saat perut kosong, atau justru setelah Anda mengonsumsi makanan berlemak?
  • Adakah keluhan lain yang menyertai seperti mual, perut kembung, nyeri dada seperti tertekan atau terbakar, dsb?
  • Apakah yang Anda lakukan selama ini untuk mengurangi nyerinya?
  • Bagaimanakah pola makan Anda selama ini? dsb

Untuk saat ini memang dapat dikatakan besarnya kemungkinan gangguan lambung sebagai penyebab keluhan Anda. Namun hal ini perlu dipastikan kembali melalui wawancara medis dan pemeriksaan langsung yang dilakukan oleh dokter yang kompeten. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk tatalaksana yang optimal. Mengingat keluhan ini telah Anda rasakan selama lebih kurang 5 tahun, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan beberapa pemeriksaan tambahan apabila diperlukan.

Selain itu, kami juga sarankan Anda agar menghindari konsumsi bahan makanan pedas dan asam, minuman seperti kopi, minuman berkarbonasi, atau rokok yang dapat mengiritasi lambung Anda. Dan cobalah untuk mengurangi stres dan bergadang yang dapat meningkatkan produksi asam lambung Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar