Sukses

Mual saat trimester tiga?

19 Oct 2014, 23:25 WIB
Wanita, 25 tahun.
begini dok, 1. memasuki trimester tiga ini sy merasa mual dan sering mo muntah. layaknya trimester awal. flu juga melanda. apakah itu bebahaya ... dan bagaimana cara mengatasi mornick (mual muntah) pada trimester 3 ?. 2. kpn sebaiknya dilakukan USG, pentingkah?(perempuan, 25 thn,150 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Selama kehamilan terjadi beberapa perubahan baik perubahan fisik maupun psikis. Keluhan yang paling sering ditemukan adalah keluhan mual/muntah selama kehamilan atau yang biasa disebut morning sickness, timbul akibat perubahan hormonal ibu hamil yang pada akhirnya dapat meningkatkan produksi asam lambung dan penurunan kecepatan pengosongan lambung. Keluhan ini umumnya ditemukan pada trimester awal kehamilan dan jarang mencapai trimester ketiga.

Untuk itu harus dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Apakah benar disebabkan oleh perubahan fisiologis ibu hamil, ataukah ada sebab lain? Mual atau muntah dapat dikurangi dengan obat antimual/muntah, namun sebaik-baiknya obat adalah mengobati penyebab dasar keluhan tersebut. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang optimal.

Adapun pemeriksaan USG dilakukan untuk melihat kondisi janin dalam rahim Anda. Berdasarkan rekomendasi dari the American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), pemeriksaan USG dilakukan minimal sebanyak dua kali selama kehamilan pada kehamilan dengan risiko rendah. Pemeriksaan pertama dilakukan pada usia kehamilan 8-12 minggu untuk mengonfirmasi kehamilan dalam rahim, mengevaluasi kecurigaan kehamilan di luar rahim, mengestimasi usia kehamilan, mendiagnosis atau mengevaluasi kehamilan kembar, untuk mengonfirmasi aktivitas jantung, mendeteksi adanya anomali atau kelainan janin, dan untuk mengevaluasi adanya abnormalitas rahim. Sedangkan pemeriksaan USG yang kedua dilakukan pada usia kehamilan 18-22 minggu untuk melihat organ janin dan mendeteksi ada/tidaknya kelainan pada janin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar