Sukses

Adakah Istilah Rahim Kering?

19 Oct 2014, 07:00 WIB
Wanita, 30 tahun.
Siang dok.. Mohon informasinya apa yang dimaksud dengan rahim kering dan sel telur yang tidak matang. terima kasih banyak dok( perempuan, 30 thn,169 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebetulnya tidak ada istilah "rahim kering" dalam dunia medis. Apakah masalah yang Ibu alami? Kami berasumsi masalahnya adalah tidak keluarnya menstruasi. Jika dihubungkan dengan istilah lain yang Ibu tanyakan, yaitu "sel telur tidak matang", kami kembali berasumsi bahwa tidak adanya menstruasi diakibatkan oleh suatu keadaan yang disebut Sindrom Ovarium Polikistik (Policystic Ovary Syndrome/PCOS).

PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) merupakan gangguan pada wanita akibat ketidakseimbangan hormonal. PCOS menyebabkan hiperandrogenisme pada wanita yang mengakibatkan terjadinya terganggunya siiklus menstruasi. Terjadi pada 1 dari 15 wanita dan umumnya pada usia reproduktif. PCOS memiliki gejala seperti jerawat,  rambut rontok (androgenik alopesia), gangguan kesuburan, diabetes melitus (10%), rambut-rambut halus tumbuh di wajah dan badan, dan obesitas (50%). PCOS mempengaruhi infertilitas (gangguan kesuburan ) dikarenakan menyebabkan wanita menghasilkan sikus anovulatoar (tidak mengandung sel telur) akibat dari ketidakseimbangan hormonal.

Ketidakseimbangan hormon mengakibatkan tidak terjadinya pematangan sel telur sehingga tidak terjadi ovulasi (dikeluarkannya sel telur yang sudah matang dari indung telur). Sel-sel telur yang tidak matang tersebut berada dalam folikel dalam indung telur, sehingga terlihat gambaran kantong-kantong (kista) dalam indung telur tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Ibu menanyakan kepada dokter yang merawat Ibu. Semoga membantu.(PNA)

Terima kasih.

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar