Sukses

Anak mengorok

16 Oct 2014, 21:56 WIB
Wanita, 27 tahun.
dear dokter, begini dok anak saya naura (perempuan,4thn,BB 15kg) belakangan ini nafasnya sehari-hari seperti yang ngorok,kalau tidur juga begitu padahal dia tidak sakit flu batuk atau apapun juga. dia aktif dan tidak ada masalah apa-apa. kira-kira kenapa ya dok, nafasnya bisa berbunyi seperti ngorok. terima kasih jawabannya ( perempuan, 27 thn,150 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasi atas pertanyaan Anda.

Bunyi napas anak grok-grok atau mengorok ketika tidur sering berkaitan dengan pembesaran dari adenoid dan tonsil-atau lebih dikenal dengan amandel. Adenoid dan tonsil ini merupakan kelenjar getah bening yang merupakan salah satu sistim pertahanan tubuh. Mereka akan membesar ketika terjadi infeksi di dalam tubuh sebagai reaksi pertahanan melawan kuman.

Selain pembesaran amandel, mengorok juga dapat disebabkan karena anak obesitas dimana ketika tidur, lidah anak jatuh ke belakang, menyumbat saluran pernapasan, dan menyebabkan suara ngorok.  Pembesaran amandel dapat terjadi apabila anak sering batuk-pilek berulang. Umumnya amandel akan mengecil ketika infeksi teratasi, namun dalam beberapa kasus, amandel tetap membesar dan menyebabkan sumbatan jalan nafas serta memberikan suara mengorok.

Apabila mengorok tak juga hilang atau anak Anda memang sering mengalami sakit batuk-pilek (3x/tahun atau lebih), kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter guna pemeriksaan fisik dan evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar