Sukses

Feses berwarna gelap

17 Oct 2014, 05:06 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dokter, kemaren saya makan mie goreng kering, cemilan berupa wafer, susu high kalsium dan pisang ambon. malamnya saya makan nasi putih dan telur dadar. tapi kenapa tadi pagi, feses saya berwarna kuning gelap dan pinggirannya hitam dokter? tadi siang saya BAB lagi dan warnanya sangat2 gelap. apakah itu normal atau ada kelainan dalam pencernaan saya dokter? saya juga sedang mengandung hampir 6 bulan dokter. saya juga meminum 2 jenis vitamin. tapi baru kali ini feses saya sepert itu. mohon penjelasannya, terima kasih.( perempuan, 27 thn,160 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gelap dalam pengertian Anda apakah hitam seperti warna ter? Feses berwarna hitam menandakan adanya perdarahan di saluran pencernaan. Namun apabila tidak hitam namun masih berwarna coklat gelap saja, hal tersebut dapat disebabkan karena asupan makanan atau asupan vitamin yang mengandung kadar zat besi dalam jumlah tinggi.

Pewarnaan feses berasal dari pemecahan bilirubin di dalam tubuh menjadi biliverdin di dalam usus. Warna feses normal berkisar kuning coklat sampai coklat gelap, tergantung asupan makanan. Jadi apabila feses Anda  bukan berwarna hitam dan Anda tidak memiliki keluhan apapun dari pencernaan Anda, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Apabila terdapat keluhan atau feses Anda menjadi berwarna hitam, silakan berkonsultasi langsung ke dokter.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar