Sukses

Anak tidak mau makan nasi

19 Oct 2014, 13:03 WIB
Wanita, 28 tahun.
Siang dok, saya mau tanya nih, anak saya berumur 11 bulan sudah punya gigi 2 di bawah dan yg diatas jg sudah mau tumbuh 2, apabila saya beri makan nasi blender dia tidak mengunyah nya tapi di isap2, dan sudah saya coba lagi untuk memberi nasi tidak halus agar mau mengunyah tetap di isap2 juga, tapi bila makan roti seperti regeal, milna dll juga buah saya iris2 dia mau menggigit dan mengunyah tidak mengisap.bagaimana ya dok agar anak saya bila diberi nasi mau mengunyahnya? ( perempuan, 28 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pemberian makanan tambahan yang dimulai sejak usia 7 bulan diatur berdasarkan jenis dan kehalusan dari bahan makanan. Nasi yang pertama kali diberikan dapat berupa bubur atau tim halus. Untuk mengenalkan berbagai macam makanan pada anak harus dilakukan satu per satu. Nasi sendiri memang tidak memiliki rasa, karena itulah Anda harus menambahkannya dengan tambahan lauk ataupun kuah sup yang memiliki rasa. Roti dan biskuit memiliki rasa gurih, begitupun buah yang memiliki rasa manis.

Tidak perlu memaksakan anak untuk langsung mau memakan nasi. Perkenalan makanan pada anak memang harus dilakukan berulang-ulang kali (untuk jenis makanan tertentu) sebelum anak mau menerimanya. Jadi saran kami adalah campurkan nasi tersebut dengan lauk pauk atau kuah sup yang memiliki rasa, baik gurih maupun manis agar anak mau mencicipinya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar