Sukses

Tidak haid, nyeri perut, benjolan vagina

19 Jun 2009, 10:07 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dh, Saya sudah hampir 3-4 bulan ini tidak mengalami menstruasi, tapi tidak ada tanda2 hamil walaupun saya tidak cek, karena saya sebelumnya sudah search tanda2 kehamilan itu seperti apa. Memang tidak jauh beda seperti yang saya alami sering pusing, mual dan lemas sekali, saya pun cek saat ada keluhan seperti itu sejak sebulan yang lalu, katanya saya kena gejala typus, oke saya patuhi dengan minum obat yang diberikan, tapi setelah obat habis, keluhan itu ada kembali, dan aneh nya saya sekarang2 sering merasa sakit perut sebelah kanan dan perut bagian bawah, dan sudah sejak lama sekitar setelah lulus sma saya ada keluhan berupa benjolan di lubang vagina saya. mohon untuk pencerahannya sakit apa saya sebenarnya dengan keluhan seperti itu, karena saya tidak berani untuk datang ke dokter untuk memeriksakan kasus ini. Thanks( perempuan, 20 thn,146 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi anda saat ini disebut dengan oligomenorea yaitu siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Apakah siklus anda sebelumnya normal? Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.  Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • obesitas
  • stres psikologis
  • aktivitas berlebih, seperti atlit
  • gangguan indung telur
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • dsb

Faktor risiko yang terlihat saat ini adalah berlebihan berat badan mengingat IMT Anda adalah 26,27. Mengingat anda tidak mendapatkan menstruasi selama 3 bulan, yang dapat anda lakukan saat ini adalah dengan menghindari faktor-faktor tersebut di atas. Selain itu, yang perlu diwaspadai adalah adanya keluhan nyeri perut kanan dan nyeri pertu bawah. Dikhawatirkan gangguan saluran reproduksi (endometriosis, mioma) dapat menyebabkan nyeri tersebut dan menimbulkan berbagai keluhan yang Anda katakan. Mengenai benjolan di vagina, mungkin saja itu adalah pembesaran kelenjar bartolin. Untuk mengetahuinya harus dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Apabila anda masih mengalami gangguan siklus haid lebih lanjut, disertai dengan nyeri perut dan keluhan lainnya, kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi. Terapi yang optimal baru dapat dilakukan setelah diketahui penyebabnya. Tanpa pemeriksaan fisik dan penunjang, tidak dapat secara pasti diketahui Anda mengalami sakit apa. Jangan takut untuk memeriksakan diri ke dokter guna kebaikan Anda sendiri.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar