Sukses

Menstruasi setelah KB suntik

18 Jun 2009, 13:17 WIB
Wanita, 26 tahun.
pasca melahirkan dan masa nifas, saya langsung mengikuti KB, karena masih menyusui dokter menyarankan menggunakan kontrasepsi suntik dengan masa 3 bulan. Namun 1 bulan setelah suntik ternyata menstruasi. Bukankah kalau ikut suntik tidak menstruasi, normalkah ini? Karena setelah nifas saya belum menstruasi.( perempuan, 26 thn,159 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

KB suntik berisikan bahan aktif DMPA yang merupakan preparat hormonal dan mempengaruhi proses pematangan telur dan penebalan dinding rahim. Fungsi dari KB suntik ini adalah mencegah kehamilan. Karena merupakan preparat hormonal, maka efek samping di masing-masing tubuh wanita sangatlah individual. Kebanyakan wanita yang menggunakan DMPA tidak akan mengalami menstruasi. Namun beberapa wanita akan tetap mengalami menstruasi karena efek hormonal di dalam tubuh sangatlah individual.

Hal ini normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Asalkan menstruasi yang Anda alami sesuai dengan siklus normal dan tidak memanjang. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, @3-7 hari.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar