Sukses

Gigi rapuh setelah perawatan orthodontik

23 Jun 2009, 17:09 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dear dokter, sudah 2 tahun ini saya menggunakan kawat gigi dan menurut dokter gigi saya sekitar 2 bulan lagi akan dilepas. Namun masalahnya, gigi saya sangat rapuh diakibatkan gusi saya yang turun sehingga ada semacam celah antara gigi yang satu dengan yang lain. Dokter gigi saya jadi ragu untuk melepas kawat gigi saya karena melihat kondisi gigi saya dan mengatakan dia tidak mau bertanggung jawab apabila nanti kawat gigi saya lepas dan gigi saya menjadi patah. Saya jadi bingung dok, bagaimana solusi terbaiknya. Apakah ada cara untuk memperbaiki kondisi gusi saya yang turun? Jika ada bagaimana penanganan nya dan kira-kira biaya nya mahal atau tidak? terima kasih. ( perempuan, 28 thn,157 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Ada hal-hal yang Saya ingin tanyakan, bagaimana kondisi gigi Anda sebelum dirawat ortho, apakah gigi tumpang tindih/berjejal, gigi depan maju, apa keluhan utama Anda hingga perlu dirawat ortho. Perawatan ortho dianggap selesai bila memenuhi hal tertentu, di antaranya keluhan utama sudah teratasi, hubungan gigi atas dan bawah baik (ada kriterianya tersendiri), semua gigi sudah berada dalam posisi normal di dalam lengkung rahang, dan ada kriteria lainnya.

Berdasarkan keterangan Anda, dikatakan bahwa gusi Anda turun (resesi gingiva). Saya mengartikannya gusi yang Anda maksudkan adalah gusi di gigi bawah, jadi gusi tersebut saat ini lebih turun ke arah akar gigi, begitu juga gigi atas, gusi seolah-olah naik mendekati ke arah akar. Sebetulnya gusi yang resesi tidak mengakibatkan gigi menjadi rapuh, hanya berpotensi untuk menimbulkan hipersensitifitas gigi karena akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos dan berkontak dengan stimulus seperti makanan panas/dingin/asam. Meski demikian, kondisi sedemikian memang tidak normal dan menandakan gusi  mengalami peradangan/penyakit, dan semestinya tidak terjadi pada perawatan orthodontik yang benar. Kalau sudah tampak ada celah antara gigi yang tadinya celah itu tidak ada, Saya duga peradangan/penyakit gusi sudah pada tahap lebih lanjut dan bukan tidak mungkin kerusakannya telah mencapai tulang.

Tanpa bermaksud memprovokasi, menurut Saya dokter gigi yang merawat Anda harus bertanggung jawab atas perawatan yang dilakukannya pada Anda. Bila hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, seharusnya dievaluasi apakah kegagalan perawatan tersebut bersumber dari kesalahan operator atau ada faktor lain. Dokter gigi yang melakukan perawatan ortho terutama kasus yang sulit, idealnya adalah seorang dokter gigi spesialis orthodontik. Dokter gigi umumpun bisa mengerjakan perawatan ortho dengan mengikuti kursus dan pendalaman ilmu, namun bila kasus yang dihadapi di luar kemampuannya maka sudah seharusnyalah pasien tersebut dirujuk ke dokter gigi lain yang dirasa lebih kompeten.

Yang dikhawatirkan adalah kegagalan perawatan seperti yang Saya curigai terjadi pada Anda bersumber dari operator. Ada banyak kemungkinan mengapa kegagalan seperti itu dapat terjadi, dan tentu saja harus dicegah keparahannya sehingga jangan sampai terjadi setelah bracket ortho dilepas gigi-gigi malah mengalami kegoyangan karena kerusakan tulang.

Kesimpulannya, Saya sarankan Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi lain agar dapat diperiksa secara langsung dan menyeluruh karena sulit untuk menentukan apa yang terjadi bila tidak dengan pemeriksaan visual. Penyakit gusi yang Anda alami masih bisa dirawat, dan sebaiknya sebelum kawat orthodontik Anda dilepas.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Terima kasih telah menggunakan fitur konsultasi Klikdokter.

 

Drg. Martha Mozartha,

(Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar