Sukses

Wasir

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Pria, 22 tahun.
(mohon maaf klo salah tempat) maaf pa dokter saya mo nanya, saya mengalami BAB berdarah selama 2 minggu ini. sebelumnya saya pernah mengalami BAB berdarah juga beberapa saat yang lalu, tapi alhamdulilah sembuh. nah untuk BAB yang saat ini koq sudah dua minggu berdarah, saya sudah datang ke PKM UI tempat saya kuliah dulu menurut dokter saya memang terkena wasir, biasanya saya di kasih obat pengencer feses(kotoran). nah untuk saat ini koq saya ga mendapatkan obat tersebut. kira2 apa yang harus saya lakukan untuk pencegahan agar tidak terjadi lebih parah... terima kasih ( laki-laki, 22 thn,170 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perdarahan melalui lubang anus atau BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah ambeien, polip usus besar, gastritis erosif (perlukaan pada lambung), kanker usus besar, lecet pada daerah anus karena feses yang keras (dan Anda mengedan), dll. Penyebab paling sering BAB berdarah yang tidak nyeri adalah wasir.

Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca artikel kami mengenai Wasir melalui URL link :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/85

Yang terpenting untuk mencegah wasir adalah Anda tidak boleh mengedan. Karena itulah pada konsultasi dokter sebelumnya Anda diberikan pelunak tinja. Tanpa obat tersebut, tinja Anda dapat dilunakkan dengan mengonsumsi banyak air putih (minumal 8 gelas perhari) dan konsumsi banyak buah dan sayuran hijau sebagai sumber serat.

Apabila keluhan berlanjut silakan berkonsultasi langsung ke dokter untuk mencari penyebabnya dan evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar