Sukses

Demam dan diare setelah bepergian

17 Jun 2009, 13:50 WIB
Pria, 11 tahun.
Sore dok, saya mau tanya : saya punya anak umur 11 bulan, anak saya terlalu aktif dan tidak mau diam dan banyak bergerak, shingga anak saya tidak bisa gemuk dan apabila berpergian jalan2 (mis: ke mall, undangan, dll) setelah itu anak saya langsung demam atau diare dan susah tidur, jadi yg saya mau tanyakan : Bagaimana agar anak saya tidak gampang demam atau diare apabila berpergian seperti yg saya sebutkan diatas? dan apakah saya harus beri vitamin? dan vitamin apa yg harus saya beri agar anak saya selalu fit apabila di bawa berpergian? saya mengharap dokter membalas keluhan saya. terima kasih banyak. ( laki-laki, 11 thn,60 cm,8 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Demam dan diare dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, dari infeksi, kurang cairan, terlalu lelah, kontak dengan kuman, dan sebagainya. Demam sendiri merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan infeksi dan menandakan adanya sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Diare juga merupakan pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kuman dari dalam.

Definisi diare adalah BAB cair > 3x/hari. Definisi demam adalah suhu badan > 38 derajat celcius. Apabila suhu antara 37,5 - 38 derajat merupakan tanda-tanda akan demam dan perlu dikompres. Apakah anak Anda memenuhi definisi tersebut?

Demam dan diare setiap bepergian dapat disebkan karena beberapa hal, dari kurangnya daya tahan tubuh, kurangnya asupan cairan (karena anak asyik bermain), terkena infeksi, atau berkontak dengan kuman (makan tanpa mencuci tangan, tangan masuk ke dalam mulut setelah menyentuh benda lain). Apabila demam hanya terjadi 1-3 hari, tidak terlalu tinggi, dan tidak menyebabkan kejang, maka kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang dapat sembuh sendiri asalkan anak beristirahat disertai dengan asupan makanan yang cukup.

Untuk mencegahnya yang terpenting adalah tingkatkan daya tahan tubuh anak (dengan asupan makanan bergizi), ajari anak hidup bersih, dan istirahatkan anak atau jaga agar anak tidak terlalu lelah. Apabila asupan makanan sudah cukup maka tidak butuh asupan vitamin tambahan. Asupan vitamin berlebih justru berbahaya bagi anak.

Sehat dalam hal ini bukan gemuk. Apabila aktivitas anak Anda banyak atau anak Anda sangat aktif, maka tentu saja makanan yang masuk ke dalam tubuhnya terbakar menjadi energi dan bukan menjadi otot atau lemak. Apabila keluhan berlanjut kami sarankan agar berkonsultasi langsung ke dokter.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar