Sukses

Endometriosis dan darah menstruasi

17 Jun 2009, 10:54 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat Siang Dokter, Saya wanita usia 27 thn dan sdh menikah 2.6 thn. tp blm mempunyai keturunan. saya terkena endometriosis yg msh berupa flek yang ada di 1.Covum Douglasi,2. Tuba, 3. Ovarium, 4. Uterus. yang jd pertanyaan saya selama ini darah haid yang keluar ada sedikit serpihan spt kulit. dan sdh 2 bln ini saya komsumsi buah tomat, semenjak saya mengkomsumsi tomat tersebut, darah haid yang keluar spt kulit sdh tdk ada lg. tetapi darah yang keluar berupa gumpalan darah seukuran hati ikan. apakah ini ada hbgannnya dgn buah tomat dan apakah gumpalan darah tersebut berupa flek2 endometriosis yang keluar. terima kasih dokter atas bantuannya.( perempuan, 27 thn,160 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Endometriosis adalah lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim. Lapisan endometrium yang terdapat di luar rahim juga berespon terhadap siklus menstruasi, sama seperti lapisan endometrium di dalam rahim dimana pada menstruasi, lapisan endometrium akan meluruh dan berdarah, baik lapisan yang terdapat di dalam maupun luar rahim.

Endometriosis yang memiliki jalan keluar menuju vagina akan keluar melalui bentuk menstruasi. Tidak ada perbedaan antara darah dari menstruasi normal dengan darah dari endometriosis. Gumpalan darah tersebut terjadi karena adanya penumpukan darah tersebut di dalam rahim yang membeku dan keluar dalam bentuk gumpalan.

Makanan tidak mempengaruhi endometriosis. Endometriosis dipengaruhi oleh genetik dan gangguan kekebalan tubuh. Secara teori tidak ada hubungan antara tomat dengan endometriosis. Namun memang tomat sendiri adalah antioksidan yang memiliki banyak kegunaan bagi tubuh dan baik Anda konsumsi. Anda dapat membaca labih lanjut mengenai endometriosis melalui artikel kami di bawah ini :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/123

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar