Sukses

Plasenta megali

17 Oct 2014, 14:55 WIB
Wanita, 30 tahun.
Hai dok, Saya mau tanya, bulan kemarin saya terpaksa menggugurkan kandungan saya di usia 16w karena dari hasil USG 3D dan 4D dari 3 dokter yg berbeda, menyatakan bahwa seluruh tubuh bayi saya dipenuhi cairan; di otak kiri dan kanan, di jantung, dll. Plasentanya juga sangat besar (plasenta megali). Analisa dari dokter adalah kemungkinan virus (entah virus apa) atau thalasemia. Namun dari hasil pemeriksaan darah, menurut dokter yg melakukan TOP saya tidak ada kemungkinan thalasemia. Suami memang belum dicek, namun menurut beliau dan dari apa yg saya baca di internet, thalasemia baru akan berefek pada janin jika diidap oleh kedua org tua. Kalau hanya salah satu, si anak hanya akan menjadi carrier saja. Dan kecil kemungkinan adanya kelainan kromosom karena baik saya dan suami tidak memiliki keluarga atau sanak saudara yang memiliki kelainan. Hasil tes darah saya juga menunjukkan bahwa IGG + utk toxo dan rubella, IGM - untuk keduanya. Mohon bantuannya, kira-kira apa yang menyebabkan kehamilan saya menjadi seperti itu? Terima kasih dok.( perempuan, 30 thn,164 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Meninjau dari gambaran janin yang Anda kemukakan, ditemukan adanya indikasi hydrop foetalis. Fenomena ini umumnya dilatarbelakangi oleh sebab faktor inkompatibiltas (ketidakcocokan) pada golongan darah. Terutama faktor Rhesus.

Ada baiknya untuk memeriksa golongan darah ABO dan Rhesua pasangan suami istri. Kami menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan pada tali pusat dan sebagian ari-ari (plasenta) kepada dokter ahli spesialis Patologi Anatomi guna mengevaluasi apakah ada kelainan abnormal.

Namun guna mendapatkan hasil yang lebih optimal, kami menyarankan untuk melakukan proses konsultasi lebih lanjut dan mendetil lagi dengan dokter Spesialis Kandungan Sub-bagian Fetomaternal untuk persiapan kehamilan selanjutnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu & bermanfaat.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar